Strategi Memanfaatkan THR dengan Bijak

  • Whatsapp
Strategi Memanfaatkan THR dengan Bijak
(Bijaklah memanfaatkan THR. Photo Courtesy : Pinterest)
Rolasnews.com –THR merupakan Tunjangan Hari Raya yang selalu dinanti-nantkan oleh banyak orang. Hal tersebut karena dengan adanya THR maka dapat menambah pemasukan lebih dari yang biasa diterima tiap bulannya.

Meskipun ada bonus yang diberikan pihak perusahaan alangkah baiknya jika memanfaatkan THR dengan bijak. Karena akan sangat disayangkan apabila THR tidak dikelola dengan hati-hati dan rawan dihambur-hamburkan untuk keperluan yang kurang bermanfaat.

Lalu bagaimanakah agar THR tidak lenyap begitu saja? Simak strategi berikut ini

Read More

1. Buat anggaran hari raya

Buat anggaran hari raya

THR memang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan di hari raya. Akan tetapi tidak lantas membuat lupa diri dan menghabiskan semuanya pada momentum hari keagamaan itu saja.

Pada saat hari raya tentu kebutuhan yang dimiliki juga akan semakin meningkat, oleh sebab itu persiapkan rencana pengeluaran saat lebaran karena akan sulit mengontrol diri di saat mendekati hari raya sebab akan banyak menghadapi diskon yang tentunya sangat menggiurkan. Apabila tidak membatasi diri maka bisa saja barang yang seharusnya tidak perlu juga ikut terbeli.

Oleh sebab itu persiapkan semuanya sejak awal agar uang THR tidak hanya lewat begitu saja tanpa sisa. Pergunakan uang THR dengan wajar, sesuai dengan kebutuhan bukan hanya keinginan. Dengan menuruti keinginan, bisa saja mengalami kekurangan uang justru ketika lebaran berakhir,  karena THR sudah habis. Lebih parahnya adalah ketika uang yang dimiliki berakhir minus sehingga menjadikan beban di bulan berikutnya.

2. Pergunakan membayar hutang/cicilan

Bayar hutang

Hutang merupakan salah satu hal yang harus segera diatasi dengan cara melunasinya. Jika mendapatkan THR maka prioritaskan untuk membayar hutang maupun cicilan terlebih dahulu daripada menghabiskan untuk bersenang-senang. Dengan melunasi hutang maka akan meringkan  beban dan juga kondisi keuangan.

Gunakan 30% bagian dari THR untuk  melunasi hutang. Sebagai misal, jika jumlah THR yang didapatkan sebesar Rp 4 juta maka yang bisa dibayarkan untuk hutang adalah Rp1,2 juta.

Apabila jumlah hutang lebih banyak dari pada itu maka bayarkan pada bulan selanjutnya karena sisa dari THR bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Bantu Penuhi Hak Pekerja, Posko THR Ada di 34 Provinsi

3. Bersedekah

Bersedekah

Jika memiliki pemasukan yang lebih, jangan lupa juga untuk beramal yang salah satunya adalah bersedekah. Pada momen yang penuh berkah ini alangkah baiknya untuk memperbesar juga amal ibadah.

Bersedekah bisa dengan cara membagikan takjil di masjid, membagikan sedikit pemasukan untuk membantu anak yatim dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan. Namun sebelum bersedekah pastikan juga untuk tidak lupa membayar zakat fitrah yang wajib dibayarkan selama bulan ramadan.

4. Untuk investasi

Berinvestasi

Di saat kondisi keuangan sudah membaik dan segala kebutuhan sudah terpenuhi, maka pergunakan uang THR untuk memulai atau mengembangkan investasi.

Investasi memiliki banyak instrumen seperti saham, emas, deposito, reksa dana maupun yang lain. Investasi bisa dimulai dengan angka yang tidak terlalu besar, dengan uang ratusan ribu sudah bisa digunakan untuk berinvestasi.

Apabila ingin mempergunakan sebagai investasi maka sebelumnya carilah informasi terlebih dahulu tentang investasi atau juga bisa dengan menanyakan kepada seseorang yang lebih ahli terkait dengan investasi. Dengan begitu akan mencegah terjadinya investasi yang ngawur.

Jelang Idul Fitri, BI Malang Himbau Masyarakat Lakukan Penukaran Uang di Loket Resmi

Jika semua sudah dilakukan dan kebutuhan juga sudah terpenuhi maka tidak ada salahnya jika menyenangkan diri atau memanjakan diri sesuai dengan keinginan. Dengan sisa THR yang ada bisa dipergunakan untuk berbelanja atau bermain game.

Pada saat menjelang hari raya banyak voucher diskon ditemukan, manfaatkan juga hal itu untuk menemani hari raya yang penuh berkah namun dengan catatan uang yang dibelanjakan adalah sisa THR. (FRI)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *