7 Tips Sukses Diet di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
7 Tips Sukses Diet di Bulan Ramadhan
(Berbukalah secukupnya. Selain menjaga metabolisme tubuh, puasa di Bulan Ramadhan juga menjadi momen yang tepat untuk melakukan diet. Photo Courtesy : ShutterStock)
Link Banner
Rolasnews.com – Salah satu hal yang seringkali membuat diet gagal adalah karena kurangnya konsistensi dalam menjalaninya. Orang yang menjalankan diet dituntut dengan tegas untuk memiliki gaya hidup yang disiplin mulai dari mengatur pola makan sehat dan olahraga yang rutin. Jangan sampai kegiatan yang padat membuat diri lupa sehingga makan sembarangan dan juga tidak rutin berolahraga.

Jika saja yang sederhana tidak diperhatikan, maka impian menurunkan berat badan juga hanya akan menjadi angan-angan. Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan kali ini, maka jadikanlah momen yang tepat untuk diet sehat.

Lalu, bagaimana caranya agar dapat disiplin dalam menjalankan diet di Bulan Ramadhan? Berikut tipsnya:

Read More

1. Berbuka dan sahur dengan gizi seimbang

Buka dan sahur dengan gizi seimbang

Meski pun dalam keadaan diet dan berpuasa, tetap penting untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selalu pastikan apa yang kita konsumsi selama berbuka dan sahur dapat memenuhi nutrisi yang seimbang.

Salah satu contoh yang dapat dikonsumsi adalah campuran oatmeal dengan buah segar atau juga bisa  dengan mencampur granola, yogurt dan topping buah untuk menambah kenikmatan.

Selain itu juga bisa dengan menggunakan french toast atau sekedar mengonsumsi telur rebus untuk mengisi perut. Penuhi karbohidrat, protein dan juga serat, dengan begitu akan bisa kenyang sepanjang hari untuk mencegah rasa lapar muncul saat berpuasa

2. Hindari Junk Food

Junk Food

Makanan cepat saji (junk food) memang selalu menggoda dan sangat sulit ditolak karena mengandung monosodium glutamate (MSG), pemanis buatan, sodium dan lemak yang memanjakan lidah.

Namun demikian, sebaiknya tetap pilih menu berbuka dan sahur menggunakan makanan olahan sendiri yang sehat sehingga kandungan nutrisinya terjamin. Adapun cara memasaknya bisa dengan cara dipanggang, dikukus, direbus maupun ditumis.

3. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis

Makanan minuman manis

Makanan dan minuman manis mengandung banyak kalori yang dapat mengacaukan diet saat berpuasa dikarenakan tidak dapat mengurangi rasa lapar, sehingga mendorong diri untuk selalu mengonsumsinya. Padahal ini dapat meningkatkan berat badan.

Sebagai ganti makanan manis yang baik, gunakan kurma dikarenakan selain sunnah, kurma juga merupakan sumber gula yang baik, kaya nutrisi, seperti serat yang tinggi, mangan, dan kalium.

4. Hindari makanan berminyak

Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak peminat karena sangat menggiurkan dan seperti tepat jika digunakan sebagai makanan saat berbuka maupun sahur.

Namun makanan berminyak lebih baik dihindari. Selain mengganggu proses diet saat berpuasa juga tidak sehat karena dapat meningkatkan berat badan, lemak jenuh yang bisa memicu kolesterol jahat yang juga meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung hingga penyakit diabetes.

5. Makan dengan perlahan

Makan perlahan

Setelah berpuasa seharian membuat orang terkadang akan kalap ketika menyantap makanan saat berbuka. Segalanya dimakan dan ingin segera memakan semuanya. Padahal ketika makan terlalu banyak dalam waktu dekat dapat membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman.

Maka, berbukalah dengan cukup seperti diawali dengan 3 buah kurma dan air putih. Selanjutnya dapat diteruskan ketika selesai sholat maghrib atau tarawih, sehingga memberikan jeda pada perut.

8 Pola Makan Sehat Tanpa Perlu Repot-Repot Diet Ketat

6. Cukup minum air putih

Minum air putih

Kendati berpuasa, namun tidak lantas menjadikan kita lalai memperhatikan asupan air putih bagi tubuh. Setidaknya 8 gelas per hari. Gunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur dimalam hari.

Air putih dapat membantu metabolism tubuh. Semakin cepat metabolism tubuh bekerja maka akan semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar oleh tubuh.

7. Olahraga Rutin

Olahraga rutin

Olahraga bisa tetap dilakukan ketika berpuasa, selain dapat digunakan untuk membuat tubuh tetap sehat dan membantu menurunkan berat badan.

Ada pun waktu yang tepat untuk berolahraga di saat berpuasa adalah ketika tubuh sudah terisi makanan dan minuman yang cukup pada saat selesai melaksanakan ibadah tarawih atau juga bisa dengan melakukan olahraga 30 menit sebelum waktu berbuka puasa sehingga tidak akan membuat tubuh terlalu lemas.

Agar cara ini efektif maka disiplinkan diri dengan selalu rutin melakukan olahraga setidaknya 30 menit perhari. namun jika belum sanggup setiap hari bisa melkukan dengan berselang-seling harinya. (FRI)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *