8 Pola Makan Sehat Tanpa Perlu Repot-Repot Diet Ketat

  • Whatsapp
8 Pola Makan Sehat Tanpa Perlu Repot-Repot Diet Ketat
Rolasnews.com – Pola makan sehat bukan berarti mengkonsumsi makanan dengan menu sangat lengkap. Namun lebih kepada memilih makanan kaya nutrisi, sehingga tubuh menerima makanan sehat dalam jumlah pas. Hal ini akan membantu pencernaan bekerja lebih baik.

Pencernaan yang baik membuat metabolisme tubuh pun berfungsi optimal. Karena itu untuk mendapatkan tubuh yang langsing, tak melulu harus melakukan diet ketat. Cukup aplikasikan pola makan sehat seperti di bawah ini:

  1. Konsumsi Makanan Alami

Makanan alamiMakanan alami di sini adalah makanan yang bukan terbuat dari bahan olahan. Makanan asli adalah buah, sayur, daging, produk susu dan keju, kacang-kacangan dan hewan laut.

Read More

Link Banner

Makanan olahan bukannya dilarang dikonsumsi. Namun, kopi, cokelat dan makanan atau minuman dengan gula rafinasi jangan dikonsumsi berlebihan. Hindari pula makanan yang diproduksi secara masal seperti kue kemasan.

Mengkonsumsi makanan ‘asli’ dapat mendorong siapa saja untuk terbiasa mengkonsumsi makanan bernutrisi tanpa keterpaksaan.

  1. Pilih Makanan dengan Karbohidrat Kompleks.

Karbohidrat kompleksKarbohidrat kompleks seperti yang terdapat pada roti gandum, beras merah, produk keju dan susu rendah lemak serta sayur dan buah-buahan sangat membantu kecukupan karbohidrat untuk bahan bakar tubuh.

Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi gula buatan dari produk kemasan, terutama camilan dan minuman.

  1. Konsumsi Makanan Kaya Protein

Kaya ProteinKandungan protein yang disarankan adalah makanan dari bahan kacang-kacangan seperti tahu dan tempe. Yoghurt dan susu rendah lemak juga disarankan, selain ikan laut yang juga kaya akan omega-3.

Dada ayam juga sangat bagus untuk memenuhi kecukupan protein pada manusia. Konsumsi daging tanpa lemak juga sangat disarankan.

  1. Lemak Tak Jenuh

Lemak tak jenuhPerbanyak konsumsi lemak tak jenuh, yang sering terdapat pada alpukat, kacang dan selai kacang berkualitas tinggi. Salmon dan beberapa jenis ikan juga dapat menjadi alternatif terbaik. Gunakan minyak zaitun untuk menggoreng.

  1. Konsumsi Makanan Berwarna

Makanan berwarnaMakanan berwarna tersebut adalah warna hijau, merah, dan oranye pada sayur dan buah. Warna alami dalam buah, sayuran dan bahan makanan alami mengandung protein yang kaya vitamin dan mineral.

4 Cara Praktis Hilangkan Lemak Perut

  1. Porsi Makan Sedang dan Seimbang

Porsi sedang dan seimbangKonsumsi karbohidrat, protein dan lemak harus pas. Makanan yang memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral seimbang dapat menghindarkan manusia dari malnutrisi.

Caranya, isi satu piring harus terdiri dari tiga hingga empat macam makanan, yang mengandung kombinasi protein, karbohidrat dan lemak, seperti disebutkan sebelumnya.

  1. Kurangi Kadar Gula

Less sugarKadar gula pada makanan alami memang tidak berbahaya. Namun, konsumsi gula dari bahan olahan dapat mengakibatkan peningkatan level insulin. Hal ini dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan kalori kosong tersebut menjadi lemak jahat.

  1. Cemilan Sehat

Smart snacksMenerapkan pola makan sehat bukan berarti tidak boleh ngemil. Beberapa jenis cemilan sehat sangat mudah didapat dan murah. Buah-buahan segar, kue kering dari gandum, dark chocolate, popcorn, wortel baby, dan telur setengah matang. (NAY)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *