4 Cara Praktis Hilangkan Lemak Perut

  • Whatsapp
4 Cara Praktis Hilangkan Lemak Perut
(Selain membuat penampilan jadi kurang menarik, lemak berlebihan di perut juga berbahaya bagi kesehatan. Foto : Freepik)
Link BannerLink Banner
Rolasnews.com – Salah satu ciri orang kelebihan berat badan adalah adanya kulit mengelipat di bagian perut atau biasa disebut lemak perut. Lemak ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan diabetes tipe-2, tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

Orang yang memiliki lemak perut berlebih atau yang dalam istilah biologis dikenal dengan nama lemak visceral, cenderung menderita obesitas. Beberapa waktu lalu, obesitas dianggap hanya problem yang dialami negara-negara berpenghasilan tinggi. Namun seiring meratanya kesejahteraan, hal ini juga masalah pelik di banyak negara.

Dari data yang dilansir WHO, setiap tahun 2,8 juta orang meninggal karena penyakit yang terkait dengan obesitas yang tanda paling menyoloknya adalah perut buncit akibat tumpukan lemak di bagian perut.

Read More

Link Banner Link Banner

Secara umum lemak perut atau belly fat merupakan salah satu jenis lemak yang menumpuk di bagian perut tubuh manusia. Tipe lemak ini sangat merugikan karena menyebabkan resistensi insulin terhadap sindroma metabolik, gangguan jantung hingga diabetes tipe-2. Juga dapat menjadi pemicu kanker.

Mengingat resikonya yang berbahaya bagi kesehatan, lemak ini musti dibakar. Banyak cara untuk membakar atau menguranginya. Berikut 4 cara praktis yang dapat dilakukan :

1.Hindari konsumsi berlebih minuman manis dan junk food

Minuman manis & junk foodKendati gula merupakan sumber energi, namun mengkonsumsinya berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan. Sejumlah penelitian menunjukkan gula, terutama fruktosa dapat memicu penumpukkan lemak di sekitar hati dan perut. Secara kimiawi, gula adalah setengah glukosa dan setengah fruktosa. Ini adalah molekul kompleks dari karbon, hidrogen dan oksigen.

Selain konsumsi gula di luar takaran, sering-sering menyantap junk food atau makanan siap saji yang gizinya rendah, juga mempercepat penumpukkan lemak di perut. Hal ini karena makanan-makanan tersebut memiliki kandungan kalori, garam, lemak trans dan minyak yang tinggi, tetapi kandungan vitamin dan seratnya rendah. Apalagi junk food juga mengandung berbagai bahan tambahan pangan (BTP) seperti perasa dan pengawet sintetis.

2.Perbanyak konsumsi protein

Makanan kaya proteinProtein adalah nutrisi terpenting yang membantu menurunkan lemak perut. Berbagai studi membuktikan bahwa mengkonsumsi protein dapat menekan keinginan untuk terus makan hingga 60 persen. Makanan yang banyak mengandung protein juga melancarkan metabolisme tubuh hingga 80 persen serta menyediakan sejumlah besar kalori.

Tak hanya membakar, protein juga memperlambat penumpukkan lemak. Ikan, telur, kacang-kacangan, daging, susu dan produk olahan susu lainnya adalah sumber yang kaya protein.

Penyandang Obesitas Rentan Terinfeksi COVID-19

3.Perbanyak Olahraga

NggowesOlahraga merupakan upaya yang sangat dianjurkan untuk membakar lemak perut. Aktivitas fisik sederhana seperti sit up, jalan kaki, jogging atau bersepeda jika rutin dilakukan, meski hanya 30 menit setiap harinya, membantu menjaga perut tetap rata. Perut yang rata dapat memulihkan tubuh yang mengalami perubahan bentuk akibat penumpukkan lemak di perut.

4.Minum teh hijau

Teh hijauMengkonsumsi teh hijau, terutama sebelum melakukan aktivitas fisik, dapat membantu mengurangi lemak perut. Ini karena teh hijau memperlancar proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Antioksidan yang ada dalam teh hijau mempercepat metabolisme proses biologis dalam tubuh dan memicu hormon yang berfungsi membakar lemak. Dengan manfaatnya yang begitu besar, tak heran jika teh hijau dianggap sebagai salah satu minuman terbaik di muka bumi. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *