Begini Kondisi Perekonomian di Wilayah Kerja BI Malang

  • Whatsapp
Begini Kondisi Perekonomian di Wilayah Kerja BI Malang
(Bincang santai Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Azka Subhan (tengah), dengan media di Javanine Resto, Jumat (16/4). Photo Courtesy : ANC/Rolasnews)
Link Banner
Rolasnews.com – Peningkatan mobilitas masyarakat seiring dengan selesainya pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 secara nasional, menjadikan masyarakat lebih leluasa untuk melakukan aktivitas ekonomi sehingga mampu mempengaruhi permintaan dari sisi konsumsi.

Disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Azka Subhan, bahwa hasil Survei Konsumen Bank Indonesia pada Maret 2021 mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen mulai meningkat. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang mengalami peningkatan.

“IKK pada bulan Maret tercatat sebesar 96,08 atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu sebesar 80,1,” sebutnya dalam acara Bincang Santai Bareng Media di Javanine Resto, Jumat (16/4)..

Read More

Ke depan, menurut Azka, kegiatan dunia usaha juga diprakirakan mengalami peningkatan. Responden dari Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) Bank Indonesia Malang memprakirakan adanya optimisme kegiatan usaha pada triwulan II-2021 yang akan tumbuh positif. Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) prakiraan kegiatan usaha sebesar 11,53% lebih tinggi daripada realisasi SBT triwulan I-2021 sebesar -29,08%.

“Industri pengolahan diperkirakan masih mencatatkan kinerja usaha positif sebagaimana terindikasi dari SBT prakiraan sebesar 6,10% terutama didorong oleh permintaan yang mulai membaik,” tuturnya.

Disisi lain berdasarkan rilis inflasi BPS pada tanggal 1 April 2021 Kota Malang tercatat mengalami inflasi sebesar 0,08% (mtm) dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 104,16 atau secara tahun kalender tercatat sebesar 0,12% (ytd) sehingga inflasi tahunannya tercatat sebesar 1,26% (yoy).

“Inflasi yang dialami Kota Malang kali ini juga mengindikasikan adanya optimisme pertumbuhan ekonomi di akhir triwulan I 2021 setelah pada periode sebelumnya mencatatkan deflasi,” ucapnya.

Gelar Webinar, BI Malang Dorong Optimisme Pemulihan Ekonomi Malang Raya

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Malang, Cicilia Melly A.H, menyampaikan bahwa stabilitas harga dan pasokan terutama menjelang perayaan Idul Fitri tetap perlu dikendalikan. Sebab, berdasarkan hasil Survei Pemantauan Harga (SPH) BI Malang hingga periode Minggu ketiga April 2021 mengindikasikan terdapat beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan namun masih dalam kisaran wajar, misalnya telur ayam ras, daging ayam ras dan ikan bandeng.

“Untuk tetap mengendalikan tekanan inflasi pada targetnya, Bank Indonesia Malang terus bersinergi dengan seluruh dinas dan lembaga terkait untuk menjaga ketersediaan pasokan komoditas strategis,” ungkapnya.

Selain itu di masa pandemi ini, masyarakat juga diharapkan dapat mengatur pengeluaran secara bijak dan berdasarkan skala prioritas. Hal ini juga berdampak terhadap ekspektasi inflasi sehingga kenaikan harga komoditas tetap dalam kisaran yang stabil, tutupnya. (ANC)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *