Lewat Webinar, PS SMONAGENES Beberkan Strategi Sukses Publikasi Ilmiah Internasional dan Menulis Buku Ilmiah Populer

Lewat Webinar, PS SMONAGENES Beberkan Strategi Sukses Publikasi Ilmiah Internasional dan Menulis Buku Ilmiah Populer
(Narasumber webinar series 3 PS SMONAGENES. Photo Courtesy : Ist)
Rolasnews.com – Pusat Studi Smart Molecule of Natural Genetic Resources, atau biasa dikenal dengan PS SMONAGENES kembali menggelar webinar series 3.

Mengangkat tema “Sukses Publikasi Ilmiah Internasional dan Menulis Buku Ilmiah Populer” kegiatan yang berlangsung secara virtual ini diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari pengajar SMP, pengajar SMA, mahasiswa, dosen, dan pegiat pendidikan lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia.

Webinar dipimpin oleh Anna Safitri, PhD sebagai moderator dengan menghadirkan dua pemateri yakni Prof. Fatchiyah, M.Kes., PhD dan Dr. Ir. Nur Hidayat, MP.

Read More

Didapuk menjadi pemateri pertama, Prof. Fatchiyah yang dikenal sebagai peneliti aktif dengan 155 karya artikel pada jurnal internasional bereputasi tersebut menyampaikan materi terkait Strategi Sukses Menulis dan Publikasi Ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi.

Dalam presentasinya, Prof.Fatchiyah memaparkan bagaimana menulis artikel yang baik dan benar serta diterima oleh jurnal bereputasi. Menurutnya, dalam menulis artikel, harus mampu menyampaikan tulisan secara obyektif, rasional, dan sesuai dengan guideline jurnal yang dituju.

“Tips lainnya dalam membuat sebuah pembahasan, hendaklah mencari artikel yang berbanding terbalik dengan hasil penelitian kita, agar komunikasi di dalam artikel tersebut menarik dan disitasi banyak orang,” terangnya melalui zoom meeting, beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, dosen yang dikenal aktif menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk buku dan paten ini juga menyampaikan bahwa, agar dapat menilai artikel yang telah ditulis, ada baiknya memgirimkan artikel tersebut ke beberapa jurnal, misalnya ke jurnal Q1 untuk mendapatkan masukan, sehingga artikel menjadi lebih baik, tandasnya.

Para peserta webinar
(Para peserta webinar PS SMONAGENES series 3. Photo Courtesy : Ist)

Lewat Webinar Creanomic, Vokasi UB Edukasi Anak Muda untuk Berbisnis

Sementara itu, sebagai pemateri ke dua Dr. Nur Hidayat, menyampaikan tentang menulis dan menerbitkan buku ilmiah popular.

Dalam pemaparannya, dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya yang telah berhasil menerbitkan karyanya dalam bentuk buku sebanyak 11 judul ini mengatakan bahwa untuk menghasilkan buku yang dapat diterbitkan perlu menerapkan prinsip menulis satu halaman per hari, agar penulis selalu terbiasa untuk menulis.

“Prinsip ini bertujuan untuk menjadikan menulis sebagai kebiasaan sehingga nanti dapat menghasilkan karya-karya yang bisa diterbitkan,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *