UM Bersiap Gelar Wisuda ke-105 Secara Daring dan Luring

  • Whatsapp
UM Bersiap Gelar Wisuda ke-105 Secara Daring dan Luring
(Gladi bersih persiapan wisuda UM ke-105 yang bakal diselenggarakan hari Sabtu (6/3). Photo Courtesy : ANC/Rolasnews)
Rolasnews.com – Universitas Negeri Malang (UM), dijadwalkan kembali akan menggelar wisuda secara daring dan luring. Tercatat, sebanyak 1.246 wisudawan telah terdaftar dalam wisuda periode 105 yang rencananya akan diselenggarakan di Gedung Graha Cakrawala, Sabtu (6/3) lusa.

Ketua pelaksana wisuda ke-105, Mochammad Yunus menjelaskan, wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda secara luring, merupakan perwakilan dari masing-masing fakultas.

“Jadi masing-masing fakultas hanya diwakili oleh dua orang wisudawan saja yang mengikuti prosesi wisuda luring. Sisanya, mengikuti wisuda secara daring melalui link Zoom maupun Youtube,” jelasnya usai melaksanakan acara gladi bersih di Gedung Graha Cakrawala, Kamis (4/3).

Read More

Yunus menegaskan, meskipun beberapa perwakilan wisudawan ada yang hadir langsung di lokasi wisuda, namun ia memastikan pelaksanaan wisuda tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Tentu kita tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M. Jadi dari perwakilan wisudawan hanya 18 orang, ditambah rektor dan wakil rektor, serta anggota senat. Kami upayakan tidak lebih dari 40 orang yang berada di dalam lokasi wisuda,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan Yunus, total ada 1.246 wisudawan yang terdaftar dalam wisuda ke-105, yang terdiri dari 59 orang program Doktor, 132 orang program Magister, 1.031 orang program Sarjana, dan 24 orang program Diploma.

Berdasarkan data yang ada, dari jumlah lulusan wisuda ke-105 tersebut, empat orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan.

Mereka adalah, Iqbal Fandana, A.Md, Program Studi Diploma III Teknik Sipil dan Bangunan dari Fakultas Teknik dengan IPK 3.62 dan lama studi 6 semester, yudisium Dengan Pujian.

Selanjutnya, Nailatul Muhajiroh, S.Pd dari Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dengan IPK 3,96 dan lama studi 7 semester,  yudisium Dengan Pujian.

Kemudian, Rina Ismawati, M.Pd dari Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dengan IPK 3,99 dan lama studi 3 semester, yudisium Dengan Pujian.

Serta, Dr. Iswandani Kaslan dari Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra dengan nilai IPK 3,96 dan lama studi 7 semester,  yudisium Dengan Pujian.

“Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oIeh Ari Gunawan, S.Pd; Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi (FE),” sebutnya.

Mochammad Yunus, Ketua pelaksana wisuda ke-105
(Mochammad Yunus, Ketua pelaksana wisuda ke-105 Universitas Negeri Malang (UM). Photo Courtesy : ANC/Rolasnwes)

Dengan demikian, menurut Yunus, UM telah meluluskan sebanyak 136.855 orang, terdiri atas 2.011 orang program Doktor, 10.447 orang program Magister, 104.688 orang program Sarjana dan Diploma III, 1.696 orang lulusan PPG, dan 18.013 orang program Non Gelar.

Patuhi Prokes, UM Gelar Wisuda Daring dan Luring

Sementara itu ditambahkan Yunus, UM terus berkomitmen bahwa mahasiswa yang telah dinyatakan lolos mendaftar wisuda, sudah berhak mendapatkan ijasah beserta fotocopy ijasah yang telah dilegalisir.

“Jadi ketika mahasiswa telah dinyatakan lolos mendaftar wisuda, kami berkomitmen untuk memberikan ijazah dan fotocopy ijasah yang sudah dilegalisir. Alhamdulillah tanggal 22 Februari kemarin, ijasah sudah dibagikan,” ucapnya.

“Tapi karena ijasah merupakan dokumen yang sangat penting, maka aturan kami pengambilannya tidak boleh diwakilkan, harus diambi sendiri oleh yang bersangkutan. Sedangkan untuk Toga dan perangkatnya, boleh diwakilkan pengambilannya,” pungkas Mochammad Yunus. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *