Kakanwil Kemenkumham Jatim Kukuhkan Satops Patnal Pas

  • Whatsapp
Kakanwil Kemenkumham Jatim Kukuhkan Satops Patnal Pas
(Pengukuhan Satops Patnal Pas di Lapas Perempuan kelas II A Malang, Kamis (11/2). Photo Courtesy : ANC/Rolasnews)
Rolasnews.com – Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, Krismono, secara resmi mengukuhkan Satuan tugas operasional kepatuhan internal Pemasyarakatan (Satops Patnal Pas) di lingkungan kantor wilayah Kemenkumham Jatim. Pengukuhan dilakukan di Lapas Perempuan kelas II A Malang, Kamis (11/2).

Krismono menjelaskan, nantinya tugas dari Satops Patnal Pas sama halnya seperti Polisi Militer. Dimana nanti di masing-masing satker mereka akan bertugas mengamankan, merencanakan dan membina. Di samping itu nantinya mereka juga akan bertugas untuk membersihkan barang-barang terlarang di dalam.

“Ini menjadi target kinerja kami di tahun 2021, dimana seluruh lembaga pemasyarakatan, maupun rumah tahanan negara harus bersih dari Halina (HP, pungli dan narkoba),” ucapnya.

Read More

“Rekan-rekan pers nanti juga bisa ikut mengawasi karena nanti kalau masih ada penyimpangan-penyimpangan dalam lapas, tentunya akan kita evaluasi pejabat yang ada di situ,” lanjutnya.

Sementara itu, Kalapas Kelas 1 Malang yang juga ditunjuk sebagai Kasatker Korwil, Anak Agung Gde Krisna, menjelaskan, fungsi dari Satops Patnal Pas adalah untuk meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pemasyarakatan. Mulai dari pengawasan petugas, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan pelayanan publik.

“Ini sebenarnya menjadi satu rangkaian untuk peningkatan pelayanan publik dan pemberantasan KKN,” ujarnya.

Di Lapas Kelas 1 Malang sendiri, yang menjadi Satops Patnal Pas akan terlebih dahulu di seleksi mulai dari tingkat kedisiplinannya. Intinya bisa menjadi contoh karena dia harus bisa mengawasi semua lini.

Sebab banyak program yang sudah dilaunching oleh pemerintah. Sehingga pelaksanaannya perlu pengawas internal di masing-masing satuan kerja untuk memastikan bahwa apa yang sudah dicanangkan bisa tercapai.

“Tidak hanya WBP nya yang diawasi, tapi petugasnya juga diawasi. Sehingga harapannya semua bisa berjalan dengan baik, masyarakat terlayani dengan baik, gangguan keamanan menurun dan pelanggaran maupun penyimpangan bisa diminimalisir,” terangnya.

Ada Sanksi Tegas Bagi Oknum Petugas Lapas yang Lakukan Penyimpangan

Jika ditemukan di pelanggaran, maka Satops Patnal Pas akan melakukan pemeriksaan awal. Kalau pelanggarannya ke etik akan diselesaikan oleh majelis etik. Kemudian jika terkait dengan PP 53, inspektorat akan turun melakukan pemeriksaan.

“Sedangkan kalau pelanggaran tersebut teridentifikasi pidana akan langsung dilaporkan ke polisi,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *