5 Cara Mudah Dan Murah Bebas dari Diare

  • Whatsapp
5 Cara Mudah Dan Murah Bebas dari Diare
Rolasnews.com – Penderita diare beresiko mengalami dehidrasi karena cairan yang keluar dari dalam tubuh, melalui BAB. Penyebab utama biasanya adalah infeksi karena bakteri dalam perut, atau karena keracunan makanan atau minuman. Tidak semua penderita dapat dengan mudah bebas dari diare setelah mengkonsumsi obat sekaligus mengganti asupan cairan yang keluar dari tubuh.

Diare dibagi menjadi tiga jenis. Jenis pertama adalah diare normal, dimana diare terjadi selama dua atau tiga hari dan tidak perlu perawatan intensif. Diare jenis kedua adalah diare akut, yang terjadi selama beberapa minggu. Sedangkan tipe diare terakhir adalah diare kronis yang terjadi lebih dari empat minggu.

Diare dapat menyebabkan komplikasi karena dehidrasi akut, yang berakibat rasa mudah lelah, haus berlebihan, mulut kering dan banyak lagi. Berikut 5 tips yang mudah dan alami untuk bebas dari diare.

Read More

Link Banner

1.Hindari Dehidrasi

Minum air putihTanda paling umum dari mereka yang menderita diare adalah dehidrasi karena kadar air yang terbuang saat buang air besar. Kadar air yang terbuang tersebut menyebabkan berkurangnya elektrolit dalam tubuh, seperti sodium dan klorida.

Cara mengatasinya adalah mengkonsumsi air lebih banyak. Cara yang lebih cepat mengurangi dehidrasi adalah dengan mencampur satu liter air dengan satu sendok teh garam dan enam sendok teh gula. Kandungan gula dan garam pada cairan akan membantu proses penyerapan cairan dalam tubuh.

Meminum minuman berbahan soda dan kafein akan memperburuk kondisi.

2.Konsumsi Makanan Tepat

Good foodKonsumsi makanan kaya serat, namun juga kaya pati. Selain memulihkan daya tahan tubuh, penderita dehidrasi tidak akan lagi merasa buang air besar.

Konsumsi sereal, kentang kukus, dada ayam, sup ayam dan semacamnya. Mengkonsumsi wortel atau pisang juga dapat membantu penderita dehidrasi untuk menambah asupan potassium yang sempat hilang dari tubuh.

3.Konsumsi Makanan atau Minuman dengan Probiotik

Tempe makanan probiotikProbiotik merupakan bakteri hidup yang terdapat dalam makanan atau minuman yang difermentasi. Mikroorganisme ini bermanfaat untuk sistem pencernaan, sekaligus menghilangkan infeksi pada usus Anda.

Makanan kaya probiotik adalah keju, coklat batangan (dark chocolate), yoghurt, tempe, dan banyak lagi.

Konsumsi 5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Metabolisme Tubuh

4.Konsumsi Teh

Teh jahePilih teh seperti teh jahe, teh lemon dan chamomile, yang dapat memberikan rasa nyaman pada perut. Teh pada umumnya kaya dengan kandungan anti bakteri, sehingga perut pun aman dari parasit dan pathogen berbahaya yang menjadi penyebab diare.

Khusus untuk teh jahe, teh jenis ini sangat bermanfaat untuk proses pencernaan sekaligus peningkatan aliran darah. Sedangkan teh lemon kaya akan vitamin C, antioksidan dan bahan kimia yang dapat membantu untuk mengurangi bakteri.

5.Hindari Makanan Pedas

GorenganHindari makanan dengan kadar minyak tinggi, seperti gorengan dan makanan pedas. Sementara hindari jus buah karena fruktosa dalam buah kemungkinan sulit dicerna.

Juga jauhi pemanis buatan pada makanan dan minuman kemasan. (NAY)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *