Gangguan Autentifikasi, Applikasi Google Sempat Tak Bisa Diakses

  • Whatsapp
Gangguan Autentifikasi, Applikasi Google Sempat Tak Bisa Diakses
Link Banner
Rolasnews.com – Repotnya saat mayoritas applikasi Google yang sering kita gunakan mengalami gangguan. Gangguan tersebut bukan hanya lambatnya akses masuk ke aplikasi, tetapi kita tidak bisa mengakses aplikasi tersebut sama sekali. Pengiriman email serta penyimpanan atau unduh berkas ke Google Drive juga tidak dapat dilakukan. Bahkan tayangan YouTube pun sempat tak bisa diakses.

Hal ini terjadi sekitar pukul 6.30 pagi di Amerika Serikat atau sekitar jam 18:30 di Indonesia. Down Detector, situs direktori untuk laporan pemadaman layanan online menyatakan bahwa lonjakan aduan pada platform Google tersebut terjadi pada kisaran waktu tersebut.

Di Indonesia sendiri, gangguan berlangsung hingga kurang lebih pukul 19.30 WIB, hari Senin kemarin.

Read More

Pihak Google telah bertindak cepat dengan melakukan perbaikan, segera setelah menerima banyak aduan masyarakat. Semua layanan applikasi Google langsung dapat dinikmati dan berjalan seperti biasa.

Juru bicara Google menyatakan bahwa masalah ini terjadi murni karena ada masalah teknis, dan bukan serangan hacker.

“Hari ini (Senin, 14 Desember 2020), pada pukul 3.47 pagi, Google mengalami gangguan sistem autentifikasi selama sekitar 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal,” papar juru bicara Google seperti yang dilansir oleh CNBC.

“Layanan yang mengharuskan pengguna untuk login mengalami gangguan. Tetapi, masalah sistem autentikasi telah diselesaikan pada 4:32 pagi,” sebutnya.

Tahun Depan, Google Akan Hapus Akun yang Tidak Ikuti Aturan

Juru bicara Google juga menyampaikan permintaan maaf kepada semua pengguna Google. Ia mengatakan bahwa pihaknya berjanji akan melakukan peninjauan secara menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak dapat terulang lagi.

Bisa dibayangkan bagaimana tingginya tingkat ketergantungan kita dengan Google. Penggunaan pribadi saja terganggu, apalagi pengguna Google yang merupakan perusahaan besar.

Beberapa perusahaan terbesar di AS yang mengandalkan layanan Google di antaranya adalah Uber, Netflix, dan Twitter. (NAY)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *