Dukung Sektor Industri dalam Pembangunan Daerah, ITS Tandatangani MoU dengan Pemkot Malang

  • Whatsapp
Dukung Sektor Industri dalam Pembangunan Daerah, ITS Tandatangani MoU dengan Pemkot Malang
(Wakil Wali Kota Malang Ir H Sofyan Edi Jarwoko (kiri) dan Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MScEng PhD saat penandatanganan MoU. Photo Courtesy : Ist/Humas ITS)
Rolasnews.com – Menyadari pentingnya sektor industri dalam pembangunan daerah, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah. Kali ini, ITS bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerja sama pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang dihelat secara virtual, Kamis (10/12).

Bambang Pramujati ST MScEng PhD, Wakil Rektor IV ITS menerangkan, kerja sama antara ITS dan Pemkot Malang sebenarnya sudah terjalin sebelumnya. Penandatanganan MoU kali ini dilakukan dalam rangka bermitra untuk mengembangkan sentra industri keramik Dinoyo. Kerja sama ini merupakan lanjutan dari kerja sama pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang sudah ada.

Bambang menyebut ITS akan terus berperan aktif dalam tiga hal tersebut. Menurutnya, dalam mewujudkan komitmen tersebut, ITS sudah mempersiapkan diri. Salah satunya dengan mendirikan pusat-pusat penelitian.

Read More

“Kami punya sepuluh pusat penelitian yang sudah bekerja sama dalam banyak hal, dan banyak hal pula yang sudah kami lakukan bersama-sama dengan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Ia berharap dengan penandatangan MoU ini akan terjalin lebih banyak kerja sama yang nyata di masa depan. Selain itu, Bambang juga berharap dengan perpanjangan kerja sama pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat ini dapat menjadi pijakan bagi ITS dan Pemkot Malang untuk melakukan kerja sama lainnya di masa mendatang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang Ir H Sofyan Edi Jarwoko merasa penandatanganan perjanjian kerja sama ini menjadi momentum ITS dan Pemkot Malang untuk terus berkiprah dan sama-sama berkarya dalam memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Malang.

Dukung Produksi Garam Lokal, ITS Teken MoU dengan PT Garam

Ia menyebut, perguruan tinggi adalah agen pembangunan yang sangat penting bagi sebuah daerah dan pembangunan di tengah-tengah masyarakat.

“Potensi sumber daya manusia, perangkat kelembagaan yang memadai, dan kemampuan membuat riset dan kajian menjadikan perguruan tinggi sebagai lembaga yang strategis,” terangnya.

Berlandaskan potensi itulah, Pemkot Malang berharap ITS bisa mengambil peran dan memberikan kontribusi terbaik bagi percepatan pembangunan daerah, khususnya di Kota Malang.

“Kepada sentra industri, manfaatkan jalinan kerja sama ini dan senantiasa bersinergi guna melahirkan pemikiran serta ide-ide untuk mempercepat keberhasilan pembangunan di Kota Malang,” ujar Bung Edi, sapaan akrabnya, menutup agenda penandatanganan MoU ini. (TON/HUMITS)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *