1,2 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia

  • Whatsapp
1,2 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia
(Pengambilan 1,2 juta Vaksin Sinovac dari China dengan pesawat Garuda Boeing 777-300ER. Vaksin COVID-19 tersebut telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu malam (6/12). Photo Courtesy : Youtube/Sekretariat Presiden)
Rolasnews.com – Sebanyak 1,2 juta dosis Vaksin COVID-19 tiba di Indonesia dengan pesawat Garuda Boeing 777-300ER dari Beijing. Vaksin Sinovac buatan perusahaan biofarmasi asal China itu tiba hari Minggu malam (6/12) di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.  

Kedatangan Vaksin Sinovac itu diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

“Saya ingin menyampaikan satu kabar baik, satu kabar baik, bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis Vaksin COVID-19. Vaksin ini buatan Sinovac, yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus 2020 yang lalu,” ujar Presiden.

Read More


Presiden menambahkan, pemerintah masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021.

Selain vaksin dalam bentuk jadi, bulan Desember ini juga akan tiba 15 juta juta dosis vaksin. Sementara di bulan berikutnya, akan ada 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah yang akan diproses lebih lanjut oleh perusahaan BUMN, Bio Farma.

Kendati vaksin dalam bentuk jadi ini sudah tiba di Indonesia, proses vaksinasi COVID-19 belum bisa dilakukan karena masih harus melalui tahapan-tahapan dari BPOM untuk memastikan mutu, efektivitas, dan keamanan vaksin.

“Pertimbangan ilmiah hasil uji klinis ini akan menentukan kapan vaksinasi bisa dimulai,” ujar Presiden.

Kepala Negara juga meminta sistem distribusi vaksin ke daerah dilakukan dengan baik karena tidak mungkin dilakukan vaksinasi secara serempak untuk semua penduduk.

Di sisi lain adanya vaksin tak boleh membuat masyarakat lengah. Masyarakat diingatkan agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Bio Farma Produksi 17 Juta Dosis Vaksin Sinovac/Bulan

Sebagai informasi, Vaksin Sinovac ini merupakan satu dari enam vaksin yang memang sudah dipesan oleh pemerintah. Pemerintah pun sudah melakukan uji coba vaksin ini pada beberapa relawan.

Berdasarkan surat dengan nomor HK.01.07/Menkes/9860/2020 pada 3 Desember 2020, tentang penetapan jenis vaksin untuk vaksinasi Covid-19, menetapkan beberapa jenis vaksin yang akan digunakan sebagai vaksinasi. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *