Manfaat Buah Jambu dan Daunnya Untuk Mengontrol Tingkat Gula Darah

  • Whatsapp
Manfaat Buah Jambu dan Daunnya Untuk Mengontrol Tingkat Gula Darah
(Buah jambu dan daunnya memiliki manfaat luar biasa bagi penderita diabetes. Foto : Pinterest)
Rolasnews.com – Jambu adalah salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Beberapa buah musiman bisa menjadi solusi untuk mengontrol diabetes dan tingkat gula darah. Anda hanya perlu untuk mencampurkan buah dalam makanan diet. Ada banyak manfaat dari buah jambu yang bisa didapatkan.

Buah jambu untuk diabetes dan daunnya memiliki manfaat yang sama baiknya dan tidak kalah dengan obat diabetes biasa. Namun dalam kasus diabetes, yang terpenting adalah mengontrol tingkat gula darah. Tidak terkontrolnya gula darah dalam tubuh juga merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Insulin yang tidak seimbang juga bisa menjadi pemicu diabetes.

Selain itu, diabetes juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, kebiasaan makan yang tidak sehat, kurangnya olahraga, dan masih banyak lagi. Diet yang sehat bisa membantu untuk menjaga gula darah agar tetap stabil. Karena itu, penting untuk mencampurkan makanan kaya serat dalam menu diet.

Read More

Link Banner

Bicara soal buah yang baik untuk penderita diabetes, jambu selalu menjadi urutan yang teratas. Banyak orang bertanya, makanan apa yang bisa dimakan dengan gula? Sedangkan penderita diabetes bertanya buah apakah yang bisa dimakan dengan gula? Penderita diabetes memang memiliki batasan akan konsumsi buah yang dapat dikonsumsi dengan aman. Buah dengan kandungan serat yang tinggi adalah pilihan terbaik karena serat dapat membantu peningkatan kadar gula dalam tubuh. Apa saja alternatif pilihan buah-buahan yang kaya serat tersebut?

Manfaat yang dimiliki buah jambu bagi penderita diabetes memang luar biasa. Tidak hanya buahnya saja, daunnya pun dinilai efektif untuk menjaga tingkat gula darah. Simak bagaimana buah dan daun jambu bisa menjaga agar gula darah tetap terjaga.

Jambu mampu berbuah saat musim penghujan serta ketika cuaca sedang dingin. Buah yang satu ini juga mempunyai berbagai macam manfaat yang sehat. Tidak hanya buahnya, daun dari jambu pun tidak kalah bermanfaat. Salah satunya adalah jambu dan daunnya kaya akan vitamin C seperti antioksidan, potasium dan vitamin. Bahkan, vitamin C yang terkandung dalam buah jambu empat kali lebih banyak dibandingkan vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk.

Jus jambu
(Selain menyegarkan, jus jambu juga menyehatkan. Foto : Dreamstime)

Bagaimanakah Manfaat Jambu Dalam Mengatasi Diabetes?

Baik jambu maupun daunnya, keduanya dianggap baik untuk penyakit diabetes. Para ahli kesehatan menyarankan bagi penderita diabetes untuk memakan buah jambu pada pagi hari ketika perut masih kosong atau belum sarapan. Dikatakan bahwa buah jambu bisa membantu untuk mengontrol gula darah. Selain itu, teh dari daun jambu juga bisa menjadi alternatif lain untuk mengontrol gula darah.

  • Penderita diabetes sebaiknya makan buah jambu setiap hari. Ini akan menjaga gula darah untuk tetap terkendali karena mengandung banyak serat, yang mana dapat membantu untuk mencerna gula di dalam tubuh dan juga meningkatkan insulin.
  • Buah jambu dan daunnya memiliki indeks glikemik rendah, yang mana mudah untuk dicerna tapi lambat untuk diserap. Karena ini, tidak ada peningkatan glukosa yang drastis sehingga gula darah akan tetap terjaga dan terkendali.
  • Buah jambu menurunkan fungsi dari enzim yaitu alfa glukosidase yang mengubah glukosa menjadi makanan dalam darah. Ini juga dapat membuat gula darah terkendali.
  • Buah jambu rendah kalori, sehingga berat badan akan tetap terjaga. Karena mempunyai tingkat potasium yang tinggi dan sodium yang rendah, jambu dan daunnya menjadi solusi yang tepat untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.
  • Buah jambu kaya akan serat yang mana membantu dalam menyembuhkan sembelit. Sembelit seringkali menjadi keluhan para penderita diabetes. Dengan begitu, jambu bisa menjadi makanan selingan yang tepat.
  • Selain kaya akan serat, jambu juga kaya akan vitamin C yang baik bagi kulit. Tidak hanya itu, di dalam buah jambu juga terkandung vitamin A, folat dan potasium. Dengan begitu, buah ini baik untuk keseimbangan hormon. Inilah mengapa jambu menjadi resep rumahan yang baik terutama bagi orang yang menderita diabetes dan penyakit jantung.

Cegah Wasir dengan Rutin Konsumsi Pisang

Bagaimana Buah Jambu Harus Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Banyak sekali ahli kesehatan yang menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi buah jambu di pagi hari saat perut masih kosong. Karena, penting untuk diet sehat untuk mengontrol gula darah pada pagi hari. Memakan satu buah setiap pagi memiliki beberapa manfaat, yaitu untuk mengontrol gula darah dan juga mengatasi masalah pencernaan.

Bagaimana Membuat Teh Dari Daun Jambu

Rebusan daun jambu
(Rebusan daun jambu juga memiliki khasiat antibacterial. Foto : Health Tips)

Bersihkan 5-6 lembar daun jambu. Setelah itu, letakkan daun-daun tersebut di dalam 1 liter air dan rebus selama 10 menit. Kemudian, saring air tersebut dan tuangkan dalam gelas. Anda juga bisa menambahkan madu untuk menambahkan rasa manis. (NAY)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *