Saling Jaga Bersama BMW Astra

  • Whatsapp
Saling Jaga Bersama BMW Astra
(CEO BMW Astra, Fredy Handjaja, dalam virtual press conference melalui webinar, Kamis (15/10). Foto : Ist/BMW Astra)
Rolasnews.com – BMW Astra di seluruh Indonesia menerapkan program protokol kesehatan yang didukung oleh peralatan super canggih, demi menjamin keamanan dan kesehatan dari para pelanggan maupun karyawan.

Sejak era new normal diberlakukan, delapan cabang BWM ASTRA di seluruh Indonesia memberlakukan sistem protokol kesehatan dengan hadirnya customized machine. Hal ini disampaikan oleh Fredy Handjaja, CEO BMW Astra. Customized machine ini dapat mengurangi interaksi antar pelanggan–karyawan kantor cabang BMW Astra demi terwujudnya Saling Jaga Bersama BMW Astra.

Salah satu perubahan mendasar dalam sistem antrean service mobil adalah scan antrean yang dilakukan dari ponsel pintar pelanggan. Pelanggan hanya perlu scan code dari layar yang disediakan, dimana nantinya pelanggan menjalani ‘face scanner’. Face scanner ini berfungsi sebagai pengganti petugas pintu masuk yang mengukur suhu tubuh.

Read More

Link Banner Link Banner

“Interaksi untuk pengukuran suhu tubuh tentu tidak nyaman untuk pelanggan dan karyawan, dimana hal ini dikurangi dengan fitur ‘face scanner’ yang juga dapat mendeteksi apakah pelanggan mengenakan masker atau tidak,” papar Freddy dalam virtual press conference yang diadakan melalui webinar, 15 Oktober 2020.

Setelah pelanggan melakukan face scanner, mereka langsung mendapatkan auto spray sanitizer sekaligus di customized machine tersebut.

Menjalani face scanner
(Pengunjung menjalani face scanner. Foto : Ist/BMW Astra)

Peningkatan standar pelayanan dengan menggunakan pelayanan mutakhir juga dilakukan saat proses servis kendaraan.

Jika sebelumnya pelanggan perlu datang ke meja customer service untuk menanyakan progres servis kendaraan mereka, kali ini pelanggan hanya perlu memantau dari layar yang disediakan di ruang tunggu.  Pada layar tersebut, tertera plat mobil pelanggan, tahapan servis dari ‘Pengecekan’, ‘Service Awal’, ‘Servis Berjalan’, ‘Cek Finishing’, ‘dan ‘Clearing’.

Khusus untuk program ‘Clearing’, mobil di berikan semprotan fogging dengan menggunakan disinfektan khusus yang direkomendasikan dari United States Environmental Protection Agency yang digunakan khusus selama pandemi COVID-19. Disinfektan ini tersertifikasi food grade sehingga aman bagi karyawan dan pelanggan.

Webinar BMW Astra-1

Webinar BMW Astra-2
(Peningkatan standar pelayanan dengan peralatan canggih di BMW Astra. Foto : Ist/BMW Astra)

A New Day at BMW Astra, Standar Layanan Protokol Kesehatan Lengkap dari BMW Astra

Program fogging ini, menurut Freddy, dilakukan dua kali. Hal ini dilakukan saat mobil diserahkan ke karyawan sebelum diservis, dan saat mobil diserahkan kepada pelanggan.

“Fogging merupakan metode terbaik karena membersihkan hingga partikel terkecil, yang dilakukan dalam kendaraan dengan kondisi menyala serta penyalaan AC maksimal, sehingga dapat mempengaruhi sirkulasi udara secara keseluruhan,” jelas Freddy lebih lanjut.

Ia mengatakan bahwa proses fogging ini memang membutuhkan biaya lebih, dimana biaya sekali fogging adalah Rp 300.000, sehingga pihak Service Centre membutuhkan biaya Rp 600.000 untuk servis satu unit mobil.

“Tetapi kami tidak membebankan biaya ini kepada pelanggan, dimana kami memberikannya sebagai layanan gratis. Karena kami menganggap hal ini merupakan perwujudan dari program BMW Astra Saling Jaga,” pungkasnya.

BMW Astra sendiri tetap akan mengoperasikan customized machine serta metode protokol kesehatan di ruang tunggu hingga pandemi berakhir, meski nantinya ada beberapa penyesuaian. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *