Peringati HUT RI ke-75, Uang Rupiah Edisi Khusus Resmi Diluncurkan

  • Whatsapp
Peringati HUT RI ke-75, Uang Rupiah Edisi Khusus Resmi Diluncurkan
(Uang rupiah edisi khusus Rp 75.000 untuk memperingati HUT RI ke-75. Foto : Ist/Rolasnews)
Rolasnews.com –Momentum mensyukuri peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang rupiah edisi khusus Rp 75.000. Meski tidak ditujukan untuk peredaran bebas, uang tersebut dicetak cukup banyak, yakni 75 juta lembar.

Penerbitan uang rupiah edisi khusus tersebut juga sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang Rupiah. Rupiah ditempatkan sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, Rupiah ditetapkan sebagai uang negara kesatuan Republik Indonesia atau uang NKRI.

Hal tersebut disampaikan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam acara Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia dalam bentuk uang kertas 75 ribu rupiah yang dilakukan bersama Gubernur Bank Indonesia secara virtual, Senin (17/8).

Read More

“Momentum ini harus terus kita manfaatkan untuk menumbuhkan optimisme dan semangat terus-menerus untuk membangun dan mencapai cita-cita kemerdekaan, meskipun kita tahu di dalam perjalanan berbangsa dan bernegara, kita selalu akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan kendala kehidupan termasuk menghadapi tantangan COVID-19,” ungkap Menkeu.

Menkeu menambahkan, di dalam perjalanan sebuah bangsa dan negara yang kuat tidak berarti mereka lepas dari berbagai cobaan. Namun, yang paling penting bagaimana sikap sebuah bangsa dan negara di dalam menghadapi dan mengatasi cobaan dan tantangan.

Peringatan kemerdekaan ke-75 tahun saat ini diharapkan merupakan simbol kebangkitan dan optimisme di dalam menghadapi tantangan yang luar biasa saat ini.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan bahwa Rupiah sebagai mata uang tidak hanya berperan sebagai alat pembayaran yang sah namun lebih penting dari itu, Rupiah adalah lambang kedaulatan negara. Rupiah adalah wujud kemandirian bangsa Indonesia. Setiap lembar Rupiah, mengandung identitas dan karakteristik kita sebagai Bangsa Indonesia yang harus kita jaga, lestarikan dan banggakan.

“Sebagai wujud syukur atas kemerdekaan itu  pada peringatan 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah dan Bank Indonesia hari ini mengeluarkan uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia. Sebagaimana disampaikan oleh Ibu Menteri Keuangan tema dan makna filosofis dari Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan dan menyongsong masa depan gemilang,” tutupnya.

Refleksi HUT Kemerdekaan dan Menjaga Solidaritas Sosial di Masa Pandemi

Sebagai informasi, uang rupiah edisi khusus berbentuk lembaran senilai Rp 75 ribu rupiah dicetak tidak ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat. Oleh karenanya, uang dicetak terbatas, 75 juta lembar. Uang ditandatangani Menkeu sebagai wakil pemerintah dan Gubernur BI.

Uang rupiah edisi khusus bergambar dua tokoh proklamator, Soekarno-Hatta serta berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun Indonesia merdeka seperti jembatan, MRT dan tol trans Jawa. Di sisi lembar lainnya, bergambar anak-anak Indonesia dengan pakaian adat daerah masing-masing. Sementara untuk warnanya didominasi warna merah, putih dan hijau. (TON/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *