Refleksi HUT Kemerdekaan dan Menjaga Solidaritas Sosial di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Refleksi HUT Kemerdekaan dan Menjaga Solidaritas Sosial di Masa Pandemi
Rolasnews.com – Hari ini 17 Agustus 2020 yang merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan negara kita tercinta, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-75, maka mari kita ucapkan bersama-sama, “MERDEKA!!!”

Bersama ini pula tidak terasa kita telah melalui kebersamaan yang dirupakan dalam bentuk kegiatan-kegiatan sosial, olah raga, keagamaan maupun reuni bersama. Canda tawa, guyonan, begejegan ala koplakers mengisi kebersamaan yang telah kita lalui membuat kita merasa sebagai saudara dengan ikatan yang sangat kuat.

Tetapi semua itu bisa hilang dalam sekejap saat pandemi COVID-19 menghampiri negara kita tercinta. Ada kekuatiran dari kita untuk mengadakan kegiatan-kegiatan kebersamaan akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. Teringat salah seorang rekan kita telah berpulang akibat keganasan dari COVID-19. Berkaca pada situasi dan kondisi yang belum sepenuhnya kondusif, maka beberapa kegiatan ditunda, seperti halnya kegiatan pengajian.

Read More

Dengan berjalannya waktu, pandemi COVID-19 ini belum juga menunjukkan kapan akan berakhir. Kendati vaksin yang telah ditemukan masih dalam tahap uji coba klinis, tetapi pemerintah sudah melonggarkan pergerakan dan aktivitas warga dengan catatan tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Maka berdasar hal itu maka mari kita mencoba untuk memulai secara bertahap untuk mulai mengadakan kegiatan yang tidak melibatkan banyak orang, seperti kegiatan pembagian nasi bungkus, yang juga sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang terdampak ekonominya akibat pandemi. Tentunya kita melakukan kegiatan ini harus sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Kita juga berharap donasi terhadap kegiatan ini tetap berlangsung demi kesinambungan kegiatan ini. Memang, dalam masa pandemi ini adalah sebuah masa yang sulit khususnya dalam bidang ekonomi. Tetapi kita mengetuk hati bagi yang mempunyai rejeki lebih untuk mengulurkan tangan bagi sesama kita yang kekurangan. Mari tetap menjaga solidaritas sosial di tengah masih berkecamuknya pandemi.

Sekali lagi mari kita kobarkan semangat kemerdekaan dengan memberikan kelebihan rejeki kita bagi sesama kita, MERDEKA!!!

 

By : Erwin Kristanto*

(Ketua Ikatan Alumni SMPN 12 Surabaya Angkatan 88, yang juga merupakan penasehat rolasnews.com)

 

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *