Polresta Malang Kota Umumkan Juara Kampung Tangguh Semeru Tingkat Kota Malang

  • Whatsapp
Polresta Malang Kota Umumkan Juara Kampung Tangguh Semeru Tingkat Kota Malang
(Kapolresta Malang Kota menyerahkan hadiah kepada para juara lomba Kampung Tangguh Semeru tingkat Kota Malang. : Foto/ANC Rolasnews)
Rolasnews.com – Polresta Malang Kota akhirnya mengumumkan juara Kampung Tangguh Semeru tingkat Kota Malang. Sebanyak enam kampung tangguh dinilai telah memenuhi berbagai aspek ketangguhan sebuah kampung dalam penanganan COVID-19 dengan keunggulan inovasinya masing-masing.

Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata, dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Kampung Tangguh Semeru ditengah pandemi COVID-19 tak hanya berdampak positif dalam menekan penyebaran virus corona. Tetapi juga dapat membentuk ketangguhan lainnya bagi masyarakat baik dari sisi keamanan maupun ketenangan masyarakat.

“Keberadaan Kampung Tangguh Semeru juga melatih masyarakat untuk hidup gotong royong dan saling peduli. Jika konsep ini bisa dijalankan terus menerus, maka situasi Kamtibnas di wilayah Kota Malang akan tetap aman dan kondusif,” bebernya di halaman Polresta Malang Kota, Senin (6/7).

Read More

Dikatakan Leonardus, dalam rangka hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020, Kampung Tangguh Semeru telah dilombakan dengan penilaian kampung tangguh berdasarkan beberapa aspek.

Beberapa aspek tersebut di antaranya adalah tangguh secara kesehatan yaitu adanya posko kesehatan serta pemulasaraan jenazah. Tangguh secara keamanan dan ketertiban yaitu adanya kegiatan pos kamling. Tangguh secara informasi dimana terdapat posko COVID-19. Tangguh secara logistik dengan adanya lumbung pangan dan juga adanya dapur umum serta tangguh terhadap psikologi dan sumber daya manusia dan tangguh terhadap kebudayaan.

“Enam kampung tangguh inilah yang kemudian dinilai telah memenuhi kriteria aspek-aspek tersebut untuk ditetapkan sebagai pemenang tingkat Kota Malang,” ujarnya.

Enam kampung tangguh tersebut yakni : Juara 1 Kampung Tangguh Semeru Glintung Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing.

Juara 2 Kampung Tangguh Vila Bukit Tidar (VBT) RW 11 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru.

Juara 3 Kampung Tangguh Semeru RW 07 Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru.

Kemudian juara harapan 1 Kampung Tangguh RW 5 Kelurahan Tlogomas Kecamatan, Lowokwaru.

Juara harapan 2 Kampung Tangguh RW 04 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing serta ;

Juara harapan 3 Kampung Tangguh RW 08 Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang.

Resmikan Kampung Tangguh Semeru, Kapolresta Malang Tekankan Pentingnya Ketangguhan Masyarakat Hadapi COVID-19

“Adapun juara Kota Malang datanya akan kami kirim dan diikutkan lomba dalam rangka hari Peringatan Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 di tingkat provinsi,” sebutnya.

APD dan Alkes yang Diberikan
(Para pemenang lomba Kampung Tangguh Semeru mendapatkan hadiah berupa APD dan alat kesehatan. Foto : ANC/Rolasnews)

Lebih lanjut menurut Kapolresta Malang Kota, pemenang kampung tangguh semeru selain mendapatkan penghargaan dari Kapolresta Malang kota juga akan mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD) dan alat kesehatan dari Polri.

“Antara lain berupa handsatizer, disinfektan, alat semprot punggung, baju hazmat, face shield, thermogun, masker kain, masker medis, sarung tangan, sepatu boot, kacamata google dan kantong jenazah,” ucapnya.

Diharapkan APD dan Alkes yang diserahkan sebagai bentuk dukungan Polri tersebut bisa sangat bermanfaat bagi Kampung Tangguh Semeru. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *