Resmikan Kampung Tangguh Semeru, Kapolresta Malang Tekankan Pentingnya Ketangguhan Masyarakat Hadapi COVID-19

  • Whatsapp
Peresmian Kampung Tangguh Semeru dengan Pemukulan Kentongan Bersama
(Peresmian Kampung Tangguh Semeru diwarnai dengan pemukulan kentongan bersama-sama. Foto : ANC)
Rolasnews.com – Jumlah Kampung Tangguh di Kota Malang kembali bertambah. Hari ini RW 01 Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, resmi ditetapkan sebagai salah satu Kampung Tangguh Semeru yang secara langsung diresmikan oleh Kapolresta Malang Kota bersama Dandim 0833 Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, mengatakan, satu-satunya yang mungkin bisa membuat bangsa Indonesia melewati masa pandemi COVID-19 adalah ketangguhan yang dimiliki masyarakat.

“Ada beberapa ketangguhan yang selayaknya hadir di tengah-tengah masyarakat yang melibatkan berbagai elemen,” ujarnya saat meresmikan Kampung Tangguh Semeru RW 01 Jodipan, Rabu (10/6).

Read More

Menurutnya, tidak hanya ketangguhan pangan yang diperlukan oleh masyarakat tetapi juga ketangguhan keimanan yang dalam hal ini peran dari para tokoh agama sangat diperlukan. Kemudia ketangguhan keamanan dimana peran TNI Polri untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat bersama pihak kecamatan.

Selanjutnya ketangguhan lainnya yang tidak kalah penting adalah ketangguhan informasi dimana saat ini banyak beredar informasi-informasi yang tidak benar.

“Sebelum masyarakat menyakini isi informasi yang mereka peroleh, kami menghimbau sekali agar masyarakat betul-betul bijak dalam menggunakan dan memahami informasi yang beredar di media sosial,” tuturnya.

Kemudian ada ketangguhan psikologi, dimana ada peran civitas akademika yang nanti juga akan memberikan bantuan kepada kampung tangguh.

“Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat yang bertekad mewujudkan kampung tangguh, khususnya dalam menghadapi pandemi COVID-19,” ucapnya.

COVID-19 Dapat Dicegah Dengan Disiplin dan Semangat Gotong Royong

Sementara itu, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, menyebutkan, jika dilihat, kehadiran kampung tangguh dengan berbagai macam aspeknya tersebut sebenarnya hanya memiliki satu tujuan dan keyakinan. Masyarakat harus yakin bahwa Indonesia bisa melewati bencana COVID-19 dengan tetap semangat dan solid. Karena sebetulnya Indonesia punya satu hal yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain, yaitu semangat gotong royong.

“Berbicara gotong royong dan tolong menolong ini sudah merupakan watak luhur bangsa Indonesia. Sehingga kita sudah tidak perlu lagi melihat siapa latar belakang kita, apa sukunya, apa agamanya bukan masalah lagi, yang penting kita sama-sama percaya bahwa kita orang Indonesia dan hidup di Indonesia,” sebutnya.

“Kami dari TNI polri bersama-sama dengan Pemerintah Kota Malang sifatnya hanya mendampingi saja. Karena tidak bisa kita menghadapi kondisi ini kalau masyarakat tidak berswadaya dan tidak memiliki kesadaran serta kedisiplinan,” tambahnya.

Launching Kampung Tangguh Semeru RW 01 Jodipan ditandai dengan pemukulan kentongan bersama-sama. (ANC)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *