Kapankah Waktu yang Tepat Minum Kopi?

  • Whatsapp
Kapankah Waktu yang Tepat Minum Kopi?
(Segelas kopi sebaiknya dinikmati beberapa jam setelah bangun tidur. Foto : Ist)
Rolasnews.com – Tak bisa dipungkiri, kopi adalah minuman paling populer di dunia. Dalam secangkir atau segelas kopi,  mengandung stimulan yang dikenal dengan nama kafein. Banyak orang yang terbiasa minum kopi segera setelah bangun tidur. Namun tak sedikit pula yang percaya bahwa menenggaknya beberapa jam setelah bangun dan beraktivitas, jauh lebih baik.

Pertanyaannya, kapan sih waktu yang tepat untuk menikmati sekaligus mendapatkan manfaat dari secangkir kopi?

Sebelumnya yang perlu diketahui, saat bangun tidur hormon kortisol berada pada puncaknya. Kortisol sendiri adalah hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Hormon ini juga mengatur metabolisme, respon sistem kekebalan tubuh dan tekanan darah.

Read More

Puncak kortisol akan berlangsung 30-45 menit setelah bangun. Baru kemudian secara berangsur-angsur akan menurun.

Maka, minum kopi sesaat setelah bangun tidur akan mengurangi efek stimulan energinya.

Karena itu, ada yang menyarankan waktu terbaik minum kopi adalah setidaknya satu jam setelah bangkit dari peraduan, saat di mana kortisol berada pada level yang lebih rendah.

Di sisi lain, kebiasaan minum kopi di kala hormon kortisol sedang tinggi-tingginya dalam jangka panjang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh serta menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga : SUGARFREE DALGONA COFFEE : Trik Sukses Membuat Dalgona Coffee Tanpa Gula

Meski demikian, belum ada penelitian secara mendalam mengenai dampak buruk bagi kesehatan terkait peningkatan kortisol dari minum kopi. Lebih-lebih pada orang yang secara teratur mengkonsumsi kafein begitu bangun tidur. Ini karena ritme sirkadian setiap orang bisa berbeda-beda, bergantung pada rutinitas yang dilakukannya sehari-hari.

Akan tetapi jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak energi dari kafein yang Anda konsumsi, tak ada salahnya mengubah ritual dari yang biasanya langsung meminum kopi begitu bangun tidur, menjadi menundanya beberapa jam kemudian. Ketika hormon kortisol Anda sudah menurun dan tubuh dapat merespon efek kafein dengan lebih baik.

Tak ada patokan pasti jam berapa waktu terbaik minum kopi di pagi hari. Namun jika Anda terbiasa bangun jam 5 pagi, ada baiknya Anda baru meneguk nikmatnya kopi pada jam 7 atau 8 pagi.

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *