SUGARFREE DALGONA COFFEE : Trik Sukses Membuat Dalgona Coffee Tanpa Gula

  • Whatsapp
SUGARFREE DALGONA COFFEE : Trik Sukses Membuat Dalgona Coffee Tanpa Gula
(Sugarfree Dalgona Coffee. Foto : Ist/Erwin Kristanto)
Rolasnews.com – Bagi Coffee Lover minum kopi tanpa gula adalah hal wajar, untuk menikmati cita rasa sejati kopi. Rasa kopi akan tertutupi apabila kopi dicampur dengan gula ataupun bahan campuran lain seperti susu sekali pun.

Akhir-akhir ini dunia maya dibuat viral dengan Dalgona Coffee yang awalnya dipopulerkan di Korea Selatan, sebuah minuman kopi dengan campuran susu/milk yang komposisinya dibuat kebalikan dari Capuccino dan Café Latte. Komposisi foam milk pada cappuccino dan latte berada di atas kopi  espresso, sedangkan Dalgona posisi Kopi espresso dibuat foamy dan berada di atas susu/milk.

Setelah viral banyak yang mencoba membuat coffee foam dengan komposisi bahan coffee foam  berupa: 2 sendok makan kopi instan, 2 sendok makan gula pasir dan 2 sendok makan air hangat. Yang kemudian dikocok tangan selama 10 menit atau dengan menggunakan mixer selama 3 menit hingga foam terbentuk. Coffee foam ini kemudian dituang di atas susu dengan es batu di dalam cangkir.

Read More

Kenyataannya banyak yang gagal? Jawabannya iya, mungkin 80% gagal karena tidak mengerti betul dengan karakteristik bahan yang digunakan.

Pertanyaan selanjutnya, apakah rasa dari Dalgona Coffee dengan komposisi di atas bisa diterima bagi Coffee Lover? Jawabannya belum tentu bisa diterima, karena terasa manis, rasa kopi tertutupi oleh rasa manis.

Nah, di sini penulis membagikan trik dan tips membuat Sugarfree Dalgona Coffee yang nikmat dan bisa diterima oleh Coffee Lover.

French Press untuk membuat Coffee Foam lebih delicate
(French Press untuk membuat Coffee Foam lebih delicate. Foto : Ist/Erwin Kristanto)

Bahan yang dipakai untuk membuat Espresso Coffee Foam adalah sebagai berikut:

  1. Kopi instan yang berupa ekstrak kopi, bukan ground coffee (kopi bubuk), bukan pula coffee mix (kopi dengan campuran krimmer ataupun gula). Ini karena kopi bubuk akan membuat foam menjadi berat sedangkan krimer juga tidak dapat mengemulsi cairan menjadi foam. Kopi instan yang digunakan sebanyak 10 gram.
  2. Susu/milk yang low fat dingin (refrigerated), hal ini penting karena susu yang mempunyai kadar fat/lemak tinggi cenderung merusak rasa kopi dan susu panas sulit untuk membentuk foam. Susu low fat yang digunakan sebanyak 200 ml.

Sedangkan bahan yang digunakan sebagai base/dasar adalah sebagai berikut:

  1. Susu/milk low fat sebanyak 150 ml untuk takaran 1 cangkir kopi.
  2. Es batu secukupnya.

Peralatan yang digunakan adalah sebagai berikut:

  1. French press.
  2. Cangkir

Cara membuat:

  1. Masukkan susu/milk low fat 200 ml dingin ke dalam French press kemudian masukkan 10 gram kopi instan.
  2. Kocok selama 1 menit sampai benar-benar menjadi foam kental (waktu paling cepat di antara proses foaming menggunakan alat yang lain dan sudah terbukti foam yang terbentuk lebih delicate daripada menggunakan frother atau mixer.
  3. Siapkan cangkir saji dan isi deng an susu/milk low fat 150 ml kemudian masukkan es batu.
  4. Tuang coffee foam di atas susu, jadilah Sugarfree Dalgona Coffee yang nikmat.

Selamat Menikmati.

Oleh : Erwin Kristanto

(Penulis adalah mantan barista yang sudah menggeluti dunia perkopian mulai tahun 2003)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *