Safari Ramadhan Ika Rolas 88 Berbagi untuk Para Alumni

  • Whatsapp
Safari Ramadhan Ika Rolas 88 Berbagi untuk Para Alumni

Rolasnews.com – Seperti pada Ramadhan sebelumnya, bulan suci Ramadhan tahun ini, 1441 H, Ikatan Alumni SMP Negeri 12 Surabaya Angkatan 1988 (IKA Rolas 88) kembali menggelar kegiatan berbagi sedekah. Namun untuk kegiatan sosial Safari Ramadhan kali ini, lebih diprioritaskan bagi para alumni yang paling terdampak pandemi COVID-19.

Pada Ramadhan tahun lalu, IKA Rolas 88 membagikan nasi bungkus dan takjil ketika berbuka puasa. Kemudian menjelang lebaran dalam acara yang digelar di Grandcity Surabaya, IKA Rolas 88 berkesempatan menyantuni 90 anak yatim dan memberikan bingkisan kepada 10 alumni.

Read More

Akan tetapi untuk Ramadhan tahun ini, yang diwarnai penyebaran pandemi COVID-19 serta imbasnya pada banyak sektor ekonomi, kegiatan berbagi diprioritaskan untuk para alumni. Terutama mereka yang kehidupan sehari-harinya paling terpukul.

“Ternyata banyak dari teman-teman kita yang kena dampak wabah ini. Seperti kehilangan pekerjaan atau terganggu mata pencahariannya,” kata Ahmad Fauzi, ketua panitia Safari Ramadhan IKA Rolas Berbagi.

Paket Sembako Minyak dan Gula
(Bantuan minyak goreng dan gula. Foto : Ist/Panitia Safari Ramadhan IKA Rolas 88)

Mereka itulah, lanjut Fauzi, yang menjadi perhatian panitia. Sedangkan data siapa-siapa saja yang layak menerima bantuan, informasinya diperoleh dari jaringan alumni.

Paket Sembako IKA Rolas 88
(Paket sembako lainnya. Foto : Ist/Panitia Safari Ramadhan IKA Rolas 88)

Ada pun kriterianya adalah berstatus keluarga alumni yang telah meninggal, sakit, bidang pekerjaannya terdampak COVID-19, tidak memiliki pekerjaan, dan bersedia menerima bantuan. Karena sifatnya murni kepedulian terhadap sesama alumni, bantuan tidak memandang latar belakang keyakinan (Muslim maupun Non Muslim).

“Untuk tahun ini, tidak ada bingkisan lebaran. Pemberian kebutuhan pokok lebih penting,” ujar Fauzi.

Mengingat pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), konsep pemberian bantuan disesuaikan dengan protokoler standar keamanan COVID-19. Yakni mengutamakan social atau personal distancing.

Bantuan Uang Tunai
(Bantuan juga berupa uang tunai. Foto : Ist/Safari Ramadhan IKA Rolas 88)

Baca Juga : IKARHOLAZ Gelar Bakti Sosial Bagi-bagi Masker dan Hand Sanitizer

Sementara itu, menurut sekretaris panitia, Ony Cristiana Dewi, pembagian paket sembako dilakukan mulai minggu pertama hingga minggu ketiga Ramadhan.

Dari data yang terkumpul, ada 40 alumni yang yang mendapatkan paket bantuan sembako dan uang tunai. Masing-masing mendapatkan bantuan senilai Rp 400 ribu, sehingga total dana yang dibutuhkan mencapai Rp 16 juta.

“Dari kas IKA Rolas 88 Rp 8 juta. Sisanya diperoleh dari penggalangan dana dari para alumni yang memiliki rejeki lebih,” kata Ony.

Bantuan Safari Ramadhan IKA Rolas 88 Siap Didistribusikan
(Bantuan siap didistribusikan. Foto : Ist/Safari Ramadhan IKA Rolas 88)

Meski demikian, Ony menambahkan, para alumni penerima bantuan tidak akan diekspose. Kalau pun ada yang ingin mengetahui nama-nama mereka, bisa langsung menghubungi panitia kegiatan bakti sosial Safari Ramadhan IKA Rolas 88.

“Ini demi menjaga perasaan teman-teman (para alumni penerima bantuan, red),” tandasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *