Silaturahmi, Memperpanjang Umur dan Melapangkan Rejeki

Silaturahmi, Memperpanjang Umur dan Melapangkan Rejeki
(Bertemu dan bersilaturahmi dalam pengajian di rumah Ninik, Tuban. Foto: Ist/Rolas 88)

Rolasnews.com – Silaturahmi merupakan salah satu amalan dalam Islam yang sangat dianjurkan para alim ulama. Sebab, silaturahmi sarat akan nilai-nilai kebajikan. Beberapa keberkahan silaturahmi di antaranya adalah menjaga kerukunan, memperluas persaudaraan, mempererat persahabatan, memperpanjang umur, melapangkan rejeki, dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.

Mengingat melimpahnya manfaat dan keberkahan dari silaturahmi, pengajian rutin Ikatan Alumni SMPN 12 Surabaya Lulusan 1988 (Rolas 88) mengambil tema “Pentingnya Menjaga Silaturahmi”.

Read More
Link Banner

Ninik, alumni Rolas 88 yang sudah lama tinggal di Tuban, menjadi tuan rumah pengajian yang digelar awal tahun ini.

Emak2 foto bareng
(Foto bersama di kediaman Ninik di Tuban. “Singkirkan rasa tak suka dan sakit hati di antara sesama alumni. Dengan silaturahmi kita mempererat tali persaudaraan dan persahabatan.” Foto: Ist/Rolas 88)

Pengajian mengundang Ustaz Zainudin Abdul Qudus, salah seorang penceramah kondang asal Tuban.

Dalam tauziahnya, Ustaz Zainudin mengingatkan bahwa silaturahmi mendapat perhatian serius dalam Islam. Al Quran dan hadits bahkan secara tegas memerintahkan untuk menjaga tali silaturahmi, baik dengan saudara dekat, kerabat, teman,  dan orang-orang yang pernah kita kenal. Semuanya ini agar tercipta hubungan harmonis di antara sesama manusia.

“Rasulullah bersabda, siapa yang ingin diperpanjang usianya, diperluas rezekinya, bersilaturahmilah. Sebaliknya, tidak akan masuk surga orang yang memutus hubungan silaturahmi,” ujarnya.

Islam, lanjutnya, tidak hanya menitikberatkan hubungan dengan Sang Khalik, namun juga dengan sesama.

Dengan menjaga hubungan baik dengan orang lain, kita menciptakan ikatan kasih sayang yang dapat mempengaruhi berkah dan rejeki dalam kehidupan seseorang.

Yoko & Ustaz Zainudin
(Ketua Harian Ika Rolas 88, Yoko, mengantarkan acara pengajian dan Ustaz Zainudin memberikan tauziahnya tentang hakikat silaturahmi yang dapat memperpanjang umur dan melapangkan rejeki. Foto: Ist/Rolas 88)

Ustaz Zainudin juga menyatakan salutnya dengan kekompakan dan rasa persaudaraan alumni Rolas 88 yang meski puluhan tahun berpisah usai tamat sekolah, masih menjalin hubungan baik.

Menurutnya, ini hal yang patut untuk dipertahankan.

“Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian yang hadir di pengajian ini sudah berapa, 30 puluh tahunan… eh, 36 tahun ya berpisah setelah lulus SMP dulu, tapi masih bisa sama-sama meluangkan waktu mengikuti pengajian di sini. Dari jauh-jauh pula. Ini luar biasa,” tutur Ustaz Zainudin.

Menyerahkan cenderamata kepada Ustaz Abdul Muhyi
(Menyerahkan cenderamata kepada Ustaz Abdul Muhyi (kiri), suami dari rekan alumni Dyah Murfiati, yang turut mendampingi rombongan bus dari Surabaya. Foto: Ist/Rolas 88)

Sebagai informasi, Rolas 88 mempunyai kegiatan berkala pengajian dua bulan sekali. Kegiatan kerohanian itu digelar bergilir ke rumah-rumah para anggota alumni.

Untuk pengajian yang di Tuban beberapa waktu lalu, rombongan Rolas 88 sebagian besar berangkat dari Surabaya dengan bus.

Rombongan diantar ke tempat tujuan menggunakan jasa AIS Perdana Tour & Travel milik Indah Ratnasari yang juga merupakan alumni Rolas 88.

Bertemu di Kantor Bupati Tuban
(Melepas penat sejenak di halaman Kantor Bupati Tuban. Foto: Ist/Rolas 88)

Sebelum ke pengajian, mereka terlebih dahulu berziarah ke Makam Sunan Bonang. Di makam salah satu wali yang sangat dimuliakan tersebut, para alumni Rolas 88 menyempatkan berdoa, berdzikir dan membaca sholawat.

Setelah itu mereka menunaikan salat Dhuhur di Masjid Agung Tuban.

Pengajian berkala sekaligus silaturahmi di antara sesama alumni Rolas 88 semoga kiranya membawa catatan amal baik dan keberkahan. Lama berpisah dan tenggelam dalam kesibukan masing-masing tak lantas memutus tali persaudaraan dan persahabatan di antara kita.

Canda tawa, pelukan hangat, berbagi cerita, secara tak langsung meningkatkan hormon endorfin yang membawa rasa bahagia. Itulah salah satu hikmah dari silaturahmi.

Bagi2 doorprize di dalam bus
(Bagi-bagi doorprize dalam bus yang membawa perjalanan pulang ke Surabaya. “Semua kebagian, kok. Terimakasih untuk para donatur.” Foto: Ist/Rolas 88)

Hal ini dipertegas dalam hadits berikut:

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jagalah silaturahmi, Kawan. Dan sampai bertemu di momen kumpul-kumpul selanjutnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *