10 Hal Unik Malam Takbiran yang Bisa Dilakukan di Rumah

10 Hal Unik Malam Takbiran yang Bisa Dilakukan di Rumah

Rolasnews.com – Pada malam takbiran banyak sekali tradisi atau hal unik yang dilakukan oleh umat Islam dari jaman dahulu hingga saat ini. Kegiatan unik ini menjadi salah satu momen khas yang selalu bisa menghangatkan kebersamaan bersama keluarga.

Sehari sebelum hari raya Idul Fitri biasanya masyarakat akan merayakan malam takbiran dengan cara berkeliling kampung, berdiam diri di mesjid, hingga berkumpul bersama keluarga di rumah.

Read More

Adapun kegiatan yang biasa dilakukan saat malam takbiran di rumah bersama keluarga sebagai berikut:

1. Membuat Kue LebaranMembuat kue lebaran

Membuat kue lebaran bersama keluarga adalah kegiatan yang menyibukkan diri untuk menyiapkan makanan atau hidangan di hari lebaran esok hari.

Pada malam takbiran bisa membuat sajian kue kering dengan berbagai resep dan kreasi baru. Hal itu tentu saja dapat mengisi waktu luang, membangun kebersamaan, dan memberikan kehangatan di rumah bersama keluarga saat malam takbiran.

Baca Juga :

14 Ragam Kue Kering Untuk Hidangan Lebaran

2. Menata Ruang TamuMenata ruang tamu

Menata ruang tamu menjadi kegiatan malam takbiran di rumah yang sayang untuk dilewatkan.

Karena melakukan kegiatan itu di rumah bersama keluarga tentu saja membuat rumah dalam keadaan bersih dan tertata rapi serta bisa menambah kenyamanan di hari lebaran.

Lebih dari itu,  kegiatan ini juga bisa untuk mengisi waktu luang, memberikan kehangatan dalam kerja, meningkatkan keimanan, dan kebaikan di bulan Ramadan.

3. Membuat KetupatKetupat lebaran

Membuat ketupat di rumah bersama keluarga pada malam takbiran masih menjadi primadona di budaya lebaran masyarakat Indonesia.

Bahkan seakan-akan hidangan ketupat dan opor ayam menjadi menu khas yang wajib ada setiap kali perayaan Idul Fitri.

Pada umumnya sajian itu tidak hanya untuk keluarga di rumah tapi juga bisa dibagikan kepada sanak saudara atau tetangga sekitar.

Ya, dengan berbagi dengan orang terdekat hal itu bisa menjadi salah satu kegiatan yang dapat menuai keberkahan di hari raya Idul Fitri.

4. Menyiapkan Pakaian untuk Sholat Idul FitriPakaian lebaran

Menyiapkan pakaian untuk sholat Idul Fitri adalah hal yang disukai oleh Allah, karena Allah menyukai setiap hambanya yang berpakain rapi, bersih, dan wangi setiap hendak melaksanakan ibadah, maka dengan persiapan matang untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri di keesokan hari diharapkan dapat mendapat cinta dari-Nya.

Adapun hal yang harus diperhatian dalam menyiapkan pakaian untuk sholat Idul Fitri, yaitu pilih pakaian yang sopan dan bersih di lemari, disetrika agar terlihat rapi, digantung supaya mudah kenakan di keesokan harinya, serta siapkan wewangian segar yang bisa digunakan saat melaksanakan sholat Idul Fitri.

5. Bermain Kembang Api di PekaranganMain kembang api

Bermain kembang api di pekarangan rumah dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang dan menyemarakkan semangat hari raya Idul Fitri di malam takbiran.

Baca Juga :

5 Ide Hampers Unik untuk Orang Terkasih Di Hari Raya Idul Fitri

6. Mengikuti Takbir Keliling Virtual

Tabiran virtual

Mengikuti takbir keliling virtual bersama keluarga yang tersambung kepada teman, kerabat, dan sahabat melalui sejumlah aplikasi video bisa bersama-sama mengumandangkan takbir, menjalin keakraban dan silaturahim, serta menyapa dan mengetahui aktivitas keluarga lain meskipun belum bertatap muka.

Adapun aplikasi video yang bisa dijadikan untuk mengadakan takbir keliling virtual itu seperti Google Meet, Zoom, dan video call via Line hingga Whatsapp.

7. Menyimak Proses Pelaksanaan Pembayaran Zakat Fitrah VirtualZakat online

Menyimak proses pelaksanaan pembayaran zakat fitrah dapat secara virtual yang diadakan oleh grup desa secara live sehabis Magrib dan dilanjutkan sehabis Isya.

8. Berkontemplasi Atas Apa yang Sudah DilaluiBerkontemplasi

Berkontemplasi atas apa yang sudah dilalui adalah kegiatan malam takbiran yang menjadi bahan renungan tentang apa yang sudah terjadi pada Ramadhan tahun ini.

Malam takbiran menjadi momen yang tepat untuk melakukan kontemplasi dan mengkaji apa yang perlu dilakukan setelah satu bulan penuh ini agar lebih sadar dengan diri sendiri.

9. BerdzikirDzikir

Berdzikir bersama keluarga pada waktu luang malam takbiran ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti mengukuhkan hati, melindungi keluarga dari azab, dan bisa mendekat kepada Allah.

Dalam hadist at-Tirmidzi nomor 3375 terdapat Abdullh bin Busr Radhiyallahu anhu berkata tentang dzikir, yaitu: “Seorang Badui datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian berkata, ‘Wahai Raslullh, sesungguhnya syariat-syariat Islam sudah banyak pada kami. Beritahukanlah kepada kami sesuatu yang kami bisa berpegang teguh kepadanya?’ Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah lidahmu senantiasa berdzikir kepada Allh Azza wa Jalla’.”

Baca Juga :

Tak Mau Lebaran Jadi ‘Lebar-an’, Berikut 6 Tips Pertahankan Berat Badan Saat Hari Raya

10. Tilawah Al-Qur’anTilawah Al-Qur'an

Tilawah Al-Qur’an adalah kegiatan yang bisa mengisi waktu malam takbiran serta banyak sekali manfaatnya seperti memperoleh ketinggian derajad di surga, pahala yang belipat, serta mendapatkan sakinah dan rahmat.

Adapun hadist yang menjelaskan tentang ini seperti:

  • HR. Imam Tirmidzi dan Abu Dawud dari Abdillah bin Amru bin Ash Radhiyallahu ‘anhuma, “Dikatakan kepada Shahibul Qur’an (di akhirat): ‘Bacalah Al-Qur’an dan naiklah ke surga serta tartilkanlah (bacaanmu) sebagai mana engkau tartilkan sewaktu di dunia. Sesungguhnya kedudukan dan tempat tinggalmu (di surga) berdasarkan akhir ayat yang engkau baca’.”
  • HR. Muslim: “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah Azza wa Jalla untuk membaca Kitabullah (Al-Qur’an) dan mereka saling mempelajarinya kecuali sakinah (ketenangan) akan turun kepada mereka, majlis mereka penuh dengan rahmat dan para malaikat akan mengelilingi (majlis) mereka serta Allah akan menyebutkan mereka (orang yang ada dalam majlis tersebut) di hadapan para malaikat yang di sisi-Nya.”

Selain itu, dalam surat Al-Fathir ayat 29 dan 30 juga menjelaskan tentang membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al-Qur’an: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya.”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.