Presiden Ajak Masyarakat Perbanyak Konsumsi Buah Lokal

  • Whatsapp
Presiden Ajak Perbanyak Konsumsi Buah Lokal
(Buah lokal tak kalah kualitasnya dari sisi kandungan gizi dengan buah impor. Credit: Ist)

Rolasnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat Indonesia untuk memperbanyak konsumsi buah lokal. Menurutnya, kualitas produk buah hasil dari perkebunan lokal tidak kalah dengan buah dari luar negeri. Indikasinya, dapat dilihat dari kandungan gizi yang dimiliki sama dengan berbagai buah-buahan yang berasal dari luar negeri.

“Aneka buah-buahan nusantara yang berlimpah dengan kandungan gizi, tidak kalah dibandingkan buah impor,” ujar Presiden Joko Widodo melalui siaran virtual yang ditayangkan Sekretariat Presiden (Setpres) pada Senin (9/8).

Read More

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, petani Indonesia sudah mampu menghasilkan buah-buahan yang berkualitas. Buktinya, ada sejumlah buah dalam negeri yang kerap kali diekspor ke luar negeri yakni mangga, manggis, pisang, dan nanas.

Dikirimnya sejumlah buah tersebut, tentunya menjadi modal peningkatan kualitas produksi buah yang akan dihasilkan para petani dalam negeri ke depan. Dengan begitu, peluang buah-buahan lainnya untuk diekspor ke luar negeri akan terbuka sangat lebar.

“Semakin berkembang sehingga ekosistem usaha buah nasional bergerak semakin maju,” tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, kunci dalam mendorong pengembangan buah-buahan di dalam negeri adalah buah lokal harus kompetitif dari segi harga dan cita rasa. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan buah impor.

Kemudian, kemasan dari buah-buahan tersebut harus dapat menarik perhatian. Dengan bantuan dari teknologi internet, maka penampilan produk yang dijajakan tersebut dapat semenarik mungkin bagi calon konsumen.

Pasokan dari buah-buahan lokal juga harus dipastikan tetap konsisten terhadap permintaan dari berbagai belahan dunia. Caranya adalah dengan melakukan efisiensi terhadap konektivitas antar daerah yang menjadi penghasil buah berkualitas.

Baca Juga :

Berbasis OVOV, 1000 Kampung Hortikultura Fokus Pada Ekonomi Skala Luas

Terakhir, promosi yang berkaitan dengan konsumsi buah lokal harus terus dilakukan oleh pemangku kepentingan. Mengingat, hal tersebut juga dapat menjadi medium edukasi masyarakat terhadap buah-buahan lokal.

Presiden Jokowi
(Presiden Joko Widodo)

“Saya juga minta edukasi untuk mengkonsumsi buah-buahan nusantara dilakukan secara berkelanjutan masuk dalam muatan pesan dan sistem pendidikan kita,” imbuhnya.

Baiknya kualitas buah lokal, Presiden mengajak, seluruh elemen masyarakat untuk mengkonsumsi buah-buahan lokal ke depan. Pilih buah produk lokal sebagai asupan utama gizi yang dikonsumsi pada setiap  harinya.

Apalagi dalam konteks pandemi wabah global COVID-19 yang merebak di tanah air dalam beberapa waktu belakangan ini. Konsumsi buah sangat dibutuhkan dalam meningkatkan imunitas dalam menghadapi ancaman wabah global.

“Kita konsumsi lebih banyak, kita bagikan sebagai bentuk solidaritas sebagai bentuk kepedulian dan empati agar semakin tangguh,” pungkasnya. (TON/*)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *