5 Hal yang Dapat Cegah Kerapuhan Tulang di Masa Tua

  • Whatsapp
5 Hal yang Dapat Cegah Kerapuhan Tulang di Masa Tua
(Berkurangnya kepadatan tulang adalah hal yang tak bisa dihindari ketika usia semakin uzur. Credit: Shutterstock)
Rolasnews.com – Kekuatan tulang bisa saja menurun seiring bertambahnya usia dan ini adalah sesuatu yang wajar. Namun demikian, hal itu dapat diperlambat dengan melakukan perawatan dan perhatian pada tubuh selagi masih muda agar memperlambat proses atau membantu menjaga tulang agar tetap sehat di masa tua nanti.

Semakin beranjak tua tidak jarang kita temui seseorang berjalan bungkuk atau bahkan memerlukan penopang sebagai alat bantu jalan. Hal tersebut terjadi salah satunya karena tulang mengalami kerapuhan.

Jika tidak mau mengalami hal tersebut, 5 hal dibawah ini dapat mencegah terjadinya kerapuhan tulang di masa tua.

Read More

1. Berjemur di bawah matahari pagi

Ternyata paparan sinar matahari memiliki hubungan erat dengan tulang. Matahari mampu memberi vitamin D yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor untuk penguat tubuh. Kekurangan vitamin D dapat membuat tubuh cepat kehilangan dua mineral tersebut sehingga hal ini kemudian membuat tulang Anda menjadi rapuh, mudah patah, hingga berisiko osteoporosis.

Karenanya, agar terhindar dari itu semua adalah dengan memastikan bahwa tubuh kita mendapatkan paparan sinar matahari atau meningkatkan asupan makanan kaya vitamin D seperti tuna, telur maupun jus jeruk.

Terlebih pada masa pandemi ini banyak ahli kesehatan yang menganjurkan untuk rutin berjemur agar dapat memenuhi kebutuhan vitamin D.

Berjemur di pagi hari

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), durasi berjemur yang dibutuhkan tubuh adalah 5 sampai 15 menit setidaknya dua sampai tiga kali dalam sepekan tanpa menggunakan tabir surya apalagi bagi yang memiliki kulit putih pucat. Durasi tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

2. Tingkatkan asupan kalsium

Karena kalsium adalah mineral utama yang bertanggung jawab untuk fungsi pemeliharaan tulang,

Brokoli

Anda perlu memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan jumlah kalsium yang cukup melalui makanan. Jadi cobalah konsumsi kacang almond, brokoli, bayam maupun ikan sarden untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

Baca Juga :

Saat Kecil Banyak Konsumsi Makanan Ultra-Proses, Berpotensi Obesitas Saat Dewasa

3. Kurangi konsumsi gula

Pada dasarnya tidak ada kaitan erat antara gula dan kesehatan tulang. Namun gula memiliki kemampuan untuk mengambil nutrisi dalam tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi gula dan tidak mendapatkan makanan yang kaya akan nutrisi akan berbahaya bagi tulang.

Sehingga mengurangi asupan gula akan memberikan manfaat yang baik. Selain itu pengurangan gula dapat membantu kulit lebih halus dan bebas jerawat.

Gula

Namun jika tidak ingin menghilangkan kebiasaan mengonsumsi makanan manis, maka sebaiknya disertai dengan mengonsumsi buah yang kaya akan antioksidan untuk menutrisi tulang agar tetap sehat.

4. Kurangi konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol ternyata dapat merusak kesehatan tulang secara tidak langsung.

Alkohol

Alkohol memiliki kekuatan yang sama seperti gula yaitu menyerap kalsium dalam tubuh. Jika kalsium terserap maka tulang akan semakin lemah.

5. Rutin berolahraga

Tidak perlu diragukan lagi, olahraga memang memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Namun sayang sekali banyak orang melewatkannya dengan alasan sibuk atau sekedar malas. Padahal dengan berolahraga dapat menyehatkan tubuh salah satunya adalah tulang.

Olahraga

Olahraga latihan beban dan latihan kekuatan dapat membanu kepadatan tulang agar lebih baik. Karena itu, sangat disarankan untuk rutin berolahraga mulai dari sekarang daripada menyesal di masa yang akan datang. (FRI)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *