Prof. Fatchiyah Bagikan Pengalaman Kelola Kelompok Studi di FK UNISSULA Semarang

  • Whatsapp
Prof. Fatchiyah Bagikan Pengalaman Kelola Kelompok Studi di FK UNISSULA, Semarang
(Prof. Fatchiyah. Credit: Ist/Montage)
Rolasnews.com – Ketua Pusat Studi SMONAGENES Universitas Brawijaya (UB), Prof. Fatchiyah, MKes., Ph.D diundang oleh Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Sultan Agung, Sabtu, (10/7) sebagai narasumber dalam acara workshop online dengan tema Pengelolaan Kelompok Studi. Di workshop online tersebut, ia mengenalkan dan menceritakan sejarah terbentuknya Pusat Studi SMONAGENES UB.

Workshop online pengelolaan kelompok studi di FK Unissula

Prof. Fatchiyah merupakan founder dan pendiri pusat studi SMONAGENES UB. Pusat Studi SMONAGENES terbentuk dari kelompok peneliti yang multidisiplin berbagai bidang ilmu yang aktif dan progresif, serta memiliki keinginan kuat untuk maju.

Read More

Kelompok SMONAGENES dibentuk dari tahun 2013 dan secara resmi didirikan pada tahun 2018 dibawah naungan LPPM Universitas Brawijaya.

Dalam mengelola pusat studi, SMONAGENES aktif dalam penelitian multididisiplin dan menjalin kerjasama baik kerjasama di dalam negeri maupun luar negeri.

Fokus riset kelompok studi SMONAGENES yaitu pemanfaatan sumber genetik alami (plasma nutfah) lokal secara berkesinambungan, biomekanik molekuler gen kaskade dari metabolisme dan penyakit degeneratif, pemetaan gen, dan DNA barcoding.

Kelompok studi ini memiliki tujuan awal menciptakan suatu sistem manajemen riset yang terpadu, efisien, efektif dan terbuka dengan visi dan misi yang jelas meliputi peningkatan publikasi ilmiah, paten produk riset, kerjasama dengan pihak luar nasional maupun internasional. Serta juga manajemen pemasaran yang tepat, kompetitif dan berdaya saing tinggi.

Guna mencapai tujuan tersebut, PS SMONAGENES UB berupaya membentuk dan menata kembali manajemen dengan bekerjasama dengan dosen dari berbagai fakultas.

Saat ini anggota SMONAGENES terdiri dari tujuh fakultas, diantaranya Fakultas MIPA, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Teknologi Petanian.

Selain itu anggota pusat studi juga tidak hanya berasal dari dalam UB, melainkan dari kampus lain seperti Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang, dan beberapa Universitas di Luar Negeri seperti dari Jepang, New Zealand, dan Thailand.

Pemberntukan pusat studi riset

Baca Juga :

Lewat Webinar, PS SMONAGENES Beberkan Strategi Sukses Publikasi Ilmiah Internasional dan Menulis Buku Ilmiah Populer

Keaktifan pusat studi SMONAGENES UB juga dibuktikan dengan penerimaan hibah pusat studi, hibah penelitian seperti LPDP PRN tahun 2020, PUPT-DIKTI desentralisasi di tahun 2015-2021, Hibah Kompetisi (HIKOM), PDUPT di tahun 2017, PHK B dan C secara berkelanjutan di tahun 2013-2016. Tak ketinggalan pula penghargaan Riset Unggulan PT di tahun 2012-2015, WCU-UB di tahun 2011, grant Strategi Nasional (STRANAS) di tahun 2010 dan juga hibah internasional SEARCA (kerjasama Malaysia) dan IRN yang bekerjasama dengan Thailand.

Pengadaan kegiatan rutin dalam pusat studi juga penting dilakukan untuk meningkatkan kerjasama dan manajemen.

Kegiatan rutin yang diadakan Pusat Studi SMONAGENES UB antara lain workshop Analisis di Laboratorium, Workshop Bioinformatika, Seminar Internasional ISSMART tahunan, Seminar Diseminasi Pengabdian Masyarakat, Webinar, pengelolaan Jurnal JSMARTech dan JTRIDHARMA MANDIRI.

Selain itu Pusat Studi SMONAGENES UB juga mengembangkan Database GenBank yang nantinya dapat memfasilitasi para peneliti, khususnya di Indonesia. (ANC/*)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *