Wisuda ke-106, Rektor UM Tekankan Keterampilan Literasi dan Kompetensi

  • Whatsapp
Wisuda ke-106, Rektor UM Tekankan Keterampilan Literasi dan Kompetensi
(Wisuda ke-106 Universitas Negeri Malang (UM) yang digelar secara daring dan luring, Sabtu (26/6). Photo Courtesy : Ist)
Rolasnews.com – Universitas Negeri Malang (UM) hari ini, Sabtu (26/6), kembali menggelar prosesi wisuda ke-106 secara luring dan daring di Gedung Graha Cakrawala. Tercatat, jumlah wisudawan yang terdaftar sebanyak 850 orang, terdiri dari 26 orang program Doktor, 121 orang program Magister, 665 orang program Sarjana, dan 38 orang program Diploma.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., dalam pidato sambutannya, berharap agar para wisudawan lulusan UM semuanya telah memiliki keterampilan literasi dan kompetensi yang memadai sehingga bisa memudahkan mereka dalam dunia kerja.

Menurutnya, dalam menapaki kehidupan baru khususnya di era pamdemi, para wisudawan akan menghadapi tantangan yang kompleks dan akan sangat berbeda dengan tantangan generasi sebelumnya. Sebagai generasi digital yang hidup pada era revolusi 4.0, lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki keterampilan literasi dan kompetensi yang memadai.

Read More

“Dalam hal literasi kita tidak lagi hanya bisa bergantung pada literasi lama yang mengandalkan baca, tulis dan berhitung saja, tetapi harus bisa mengembangkan literasi baru seperti literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Sedangkan dalam hal kompetensi, keterampilan yang harus dimiliki yakni critical thingking, creativity, colaboration dan communication,” tuturnya.

Penguasaan terhadap literasi dan kompetensi tersebut akan membantu lulusan perguruan tinggi dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk menyelesaikan persoalan yang semakin kompleks.

“Karena itu lulusan UM harus mampu meningkatkan kualitas kompetensi dan kapabilitas kepemimpinan, kerjasama tim, adaptasi teknologi dan kewirausahaan,” tandasnya.

Sambutan Rektor
(Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd, menekankan pentingnya para wisudawan lulusan UM memiliki keterampilan literasi dan kompetensi agar dapat bersaing di dunia kerja. Photo Courtesy : Ist)

Sementara itu Wakil rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd., mengatakan, penyelenggaraan wisuda kali ini modelnya masih tetap sama seperti wisuda periode kemarin, yakni perpaduan antara daring dan luring. Hal ini terpaksa dilakukan mengingat tren kasus COVID-19 yang saat ini semakin meningkat.

“Mereka yang mengikuti prosesi wisuda secara luring, merupakan perwakilan dari masing-masing fakultas. Setiap fakultas hanya mengirimkan dua orang sebagai perwakilan,” ucapnya.

Menurutnya, bagi wisudawan yang mengikuti wisuda luring harus tetap menjaga protokol kesehatan dan melakukan swab sebelum acara wisuda.

“Pimpinan kita sangat hati-hati dalam hal ini jangan sampai muncul kluster baru di dunia akademik,” ujarnya.

Baca Juga :

Launching Dies Natalis ke 67, Ini Harapan Rektor UM

Disebutkan, dalam wisuda ke-106, 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Nama-nama keempat lulusan tersebut, di antaranya:

Program Diploma III (D3) diraih oleh Arifin Saoufi Asri, AMd (Perpustakaan, Fakultas Sastra/FS) dengan IPK 3,78, lama studi 7 semester dan yudisium Dengan Pujian.

Program Sarjana (S-1) diraih oleh Fitriana Mulyaningsih SPd (Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi/FE) dengan IPK 3,96, lama studi 7 semester dan yudisium Dengan Pujian.

Program Magister (S-2) diraih oleh Andika Isma, MM (Manajemen, Fakultas Ekonomi/FE) dengan IPK 3,99, lama studi 3 semester dan yudisium Dengan Pujian.

Program Doktor (S-3) diraih oleh Dr Rochmawati (Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan/FIP) dengan IPK 4,00, lama studi 7 semester dan yudisium Dengan Pujian.

Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oleh Sendy Hanggarawan, SPd (S-1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik/FT). (ANC)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *