6 Makanan Sehat Agar Kulit Glowing Alami

  • Whatsapp
6 Makanan Sehat Agar Kulit Glowing Alami
(Rutin mengkonsumsi makanan sehat juga dapat membuat kulit tampak berseri alami. Photo Courtesy : Freepik)
Rolasnews.com – Memiliki kulit glowing sehat  alami merupakan impian bagi semua orang, khususnya kaum hawa. Tak jarang banyak orang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk melakukan perawatan di dokter spesialis, klinik kecantikan atau dengan mengoleksi produk-produk skincare maupun bodycare yang harganya cukup mahal demi mendapatkan kulit glowing alami yang sehat.

Namun alangkah baiknya jika selain merawat kulit dari luar juga tidak lupa untuk merawatnya dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat alami yang bagus untuk kulit.

Berikut ini 6 makanan yang bisa membantu kulit lebih glowing dan sehat

Read More

1. Alpukat

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemui baik di pasar, mall maupun tepi jalan. Siapa sangka ternyata alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang bisa membantu menjaga kulit agar tetap lembab dan kenyal.

Selain itu alpukat juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang bisa mengakibatkan kulit keriput dan juga kusam.

2. Ubi jalar

Ubi jalar

Ubi jalar bisa menjadi tabir surya alami yang menjaga kulit tetap sehat. Hal itu dikarenakan ditemukan kandungan beta karoten yang bisa membantu mencegah kulit terbakar, kulit keriput, kering maupun kematian sel. Jika mengonsumsinya, maka antioksidan akan masuk ke dalam kulit kemudian membantu melindungi sel-sel dari paparan sinar matahari.

Selain pada ubi jalar, beta karoten juga bisa ditemui pada sayur bayam dan juga wortel.

3. Brokoli

Brokoli

Sayur berwarna hijau ini ternyata banyak mengandung vitamin dan mineral yang berperan untuk menjaga kesehatan kulit, seperti seng, vitamin A, dan vitamin C. Brokoli juga mengandung lutein, karotenoid yang berfungsi seperti beta karoten. Lutein dapat mencegah kulit mengalami kering dan kusut.

Kuntum brokoli juga mengandung senyawa khusus yang disebut sulforaphane yang bisa memberikan efek anti-kanker. Sehingga, brokoli sangat baik dikonsumsi karena dapat mencegah atau melawan kanker kulit.

Sulforaphane juga berperan sebagai pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari. Senyawa ini bekerja dengan dua cara, yakni menetralkan radikal bebas berbahaya dan menyalakan sistem perlindungan lain di tubuh.

4. Tomat

Tomat

Tomat dapat membantu mencegah kerutan karena mengandung beberapa senyawa seperti karotenoid utama dan juga sumber vitamin C yang juga terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Dilansir dari  U.S Departemen of Agriculture, satu cangkir tomat mengandung 30 gram vitamin C. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan jaringan baru yang bisa untuk mempercepat penyembuhan luka.Sehingga tomat menjadi salah satu makanan yang dapat membantu mewujudkan kulit glowing alami dan sehat.

Rutin Konsumsi Tomat dan Apel Perbaiki Paru-Paru Mantan Perokok

5. Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini pada kulit karena mengandung molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Selain itu teh hijau juga kaya akan vitamin E yang membantu melembabkan kulit, sehingga kulit akan tampak lebih kenyal dan sehat.

Teh hijau selain dikonsumsi juga bisa digunakan sebagai masker maupun scrub yang bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit seperti mengurangi kantung mata, megangkat sel kulit mati dan menghidrasi kulit.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun

Tak hanya mengandung vitamin E yang membantu melembabkan kulit, minyak zaitun juga mengandung antioksidan untuk mencegah terjadinya penuaan dini serta melawan sel-sel yang dapat mengakibatkan kanker.

Minyak zaitun juga mengandung anti bakteri yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi pada kulit.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu mewujudkan kulit glowing sehat alami. Namun bagaimana pun juga jika ada terjadi masalah pada kulit baik kusam, berjerawat, kering  ataupun masalah kulit lainnya maka ada baiknya langsung berkonsultasi dengan pakarnya  untuk mencegah terjadinya kesalahan perawatan yang bisa saja terjadi. (FRI)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *