Kegiatan Sosial Ika Rolas 88 Kembali Fokus untuk Alumni

Kegiatan Sosial Ika Rolas 88 Kembali Fokus untuk Alumni
(Kegiatan bagi-bagi nasi bungkus yang diinisiasi Ika Rolas 88 tetap akan dipertahankan. Namun juga akan dibarengi dengan pembagian sembako kepada para alumni, khususnya yang terdampak pandemi saat ini. Photo Courtesy : Dok Rolasnews)
Rolasnews.com – “Dari alumni untuk alumni” merupakan salah satu tujuan dilakukannya kegiatan sosial Ika Rolas 88 (Ikatan Alumni SMPN 12 Surabaya Angkatan 88). Dalam perjalanan waktu, kegiatan sosial itu kemudian melebar peruntukkannya untuk masyarakat luas, tak melulu untuk alumni. Contohnya, bagi-bagi nasi bungkus yang rutin dilakukan secara berkala.

Tidak ada yang salah dengan aksi sosial yang dikenal dengan “Nasbung” ini. Apalagi nasi bungkus lengkap dengan lauk pauknya ini diberikan kepada mereka yang menggantungkan mata pencahariannya di jalanan, seperti tukang sapu, tukang sampah, tukang becak, pemulung, dlsb.

Selain itu, yang dipasrahi untuk memasak adalah para alumni sendiri. Borongan masak, istilahnya. Dengan demikian yang mendapat berkah dari kegiatan yang rutin dilakukan pada hari Jumat itu, kini digeser Sabtu, tak hanya masyarakat umum tapi juga alumni.

Read More
Link Banner

Hanya saja kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga hari ini, membuat harus ada sedikit penyesuaian untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial. Lebih diutamakan untuk rekan-rekan alumni.

“Kegiatan sosial Ika Rolas 88 akan lebih difokuskan untuk internal. Banyak rekan alumni yang di masa pandemi ini membutuhkan manfaat dari kegiatan sosial yang ada,” ujar Erwin Kristanto, Ketua Umum Ika Rolas 88, saat rapat pengurus di Surabaya, Ahad lalu (14/3).

Menurutnya, para alumni yang kehidupannya kurang beruntung juga perlu diperhatikan. Meski tak seberapa, namun pemberian sembako, misalnya, akan sangat berharga bagi mereka.

“Karena itu, bagi-bagi nasbung juga akan diikuti dengan pemberian 10 paket sembako untuk alumni yang betul-betul membutuhkan setiap bulannya,” imbuh Erwin.

Rapat Pengurus Ika Rolas 88 di rumah Utik
(Rapat pengurus di Mabes (rumah Utik), Minggu (14/3). Photo Courtesy : Ist/Rolasnews)

Berdasarkan data penerima sembako di tahun kemarin, ada kurang lebih 50 alumni yang layak menerima bingkisan kebutuhan sehari-hari tersebut. Para donatur yang selama ini banyak memberikan bantuan juga akan diberitahu bahwa penggunaan dana tidak hanya disalurkan untuk bagi-bagi nasbung, tetapi juga diperuntukkan dalam bentuk sembako bagi alumni.

Kegiatan Sosial Ika Rolas 88 Tak Sebatas Nasbung

Dalam rapat pengurus yang berlangsung di kediaman Sri Utama (Utik), juga diputuskan untuk melakukan penggalangan dana yang dimulai seminggu menjelang Ramadhan 1442 H yang jatuh pada pertengahan April mendatang.

Hasil penggalangan dana dari para donatur nantinya akan diwujudkan dalam bentuk sembako dan uang tunai yang akan diserahkan langsung kepada para alumni yang membutuhkan.

Paket Sembako Ika Rolas 88
(Paket sembako yang akan dibagikan menyambut Ramadhan tahun lalu. Tahun ini penyerahan sembako kepada para alumni tak hanya diberikan menjelang Ramadhan atau Idul Fitri saja, tetapi dijadwalkan setiap bulan bersamaan dengan bagi-bagi nasi bungkus untuk masyarakat umum. Photo Courtesy : Dok Rolasnews)

Yang tak ketinggalan dibahas dalam rapat pengurus adalah langkah pembuatan PT (Perseroan Terbatas) untuk rolasnews.com. Legalitas diperlukan agar website milik alumni ini dapat semakin berkembang, termasuk penunjukkan Ketua Umum sebagai Komisaris di PT tersebut.

Selain itu, juga akan disosialisasikan perubahan nama Ika Rolaz 88 menjadi Ika Rolas 88. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *