6 Tips Ampuh Hentikan Pendarahan Gusi

  • Whatsapp
6 Tips Ampuh Hentikan Pendarahan Gusi
Rolasnews.com – Pendarahan gusi dapat terjadi saat menyikat gigi, atau saat mengkonsumsi makanan keras. Tetapi, gusi bisa saja berdarah tanpa ada akibat tertentu.

Masalah ini tidak mengkhawatirkan dan dapat disembuhkan dengan cepat. Biasanya, gusi berdarah memang disebabkan saat menyikat gigi terlalu keras, atau pada saat kehamilan dan juga jika terjadi infeksi pada gusi.

Namun, jika hal ini terus terjadi, maka gusi akan mengalami radang dan bengkak sehingga penderita dapat mengalami radang gusi atau bahkan periodontitis.

Read More

Link Banner

Nah, bagaimana untuk menghentikan pendarahan gusi?

1.Menjaga kebersihan mulut

Pendarahan gusi bisa terjadi karena buruknya kebersihan mulut. Karang gigi juga dapat mengakibatkan seringnya gusi berdarah. Karang gigi adalah gumpalan berisi bakteri yang menutupi gigi dan gusi.  Menyikat gigi asal-asalan dapat mengakibatkan bakteri menumpuk. Sikat gigi paling tidak dua kali sehari atau setiap habis makan adalah cara terbaik.

2.Berkumur dengan cairan Hydrogen Peroxide

Hydrogen Peroxide dapat menghilangkan berbagai jenis bakteri. Jika gusi berdarah, segera berkumur dengan cairan kumur yang mengandung hydrogen peroxide setelah menyikat gigi.

3.Kurangi merokok

Merokok tidak hanya meningkatkan resiko kanker paru-paru, tetapi juga penyakit jantung, stroke dan banyak lagi. Merokok dapat mengurangi imunitas tubuh, dimana tubuh pun sulit menangkal bakteri yang dapat menyebabkan penyakit gusi.

4.Kurangi stress

Penelitian menunjukkan keterkaitan antara penyakit periodontal dan stres. Stres berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan melemahnya pertahanan tubuh sehingga tidak dapat melawan infeksi gusi.

Cegah Wasir dengan Rutin Konsumsi Pisang

5.Konsumsi vitamin C

Vitamin C dalam bentuk makanan atau supplemen dapat meningkatkan sistem kekebalan serta dapat menghilangkan infeksi gusi.

6.Konsumsi vitamin K

Vitamin K tak kalah penting dalam mengurangi resiko gusi berdarah. Selain dapat membekukan darah , vitamin K juga penting untuk menambah darah. Bayam, kubis, sawi adalah sumber vitamin K terbaik.

Vitamin K
(Vitamin K yang banyak terdapat dalam buah dan sayuran hijau, efektif mengobati pendarahan gusi. Photo Courtesy : Shutterstock)

Selain 6 tips di atas, Anda juga perlu meningkatkan asupan karbohidrat serta teh hijau. Alternatif lainnya yang dapat segera dilakukan untuk pengobatan sementara jika mengalami pendarahan gusi adalah  berkumur dengan air garam. (NAY)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *