Ekstrak Daun Pepaya Dapat Sembuhkan Demam Berdarah

  • Whatsapp
Ekstrak Daun Pepaya Dapat Sembuhkan Demam Berdarah
Rolasnews.com – Studi yang dilakukan oleh perusahaan Fuller Young International dari Queenstown menunjukkan ekstrak daun pepaya yang tumbuh di Northland, Selandia Baru, dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah. Hal ini disampaikan oleh direktur perusahaan tersebut, Raymond Young. Ia berujar bahwa penelitian ini didukung oleh Plant and Food Research Auckland.

Young mengatakan bahwa selama ini pepaya digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional di daerah tropis. Hal ini terutama untuk penyakit yang terkait dengan virus yang dibawa oleh nyamuk, dan berbagai penyakit yang terkait dengan usia.

Namun demikian, lanjut Young dilansir Radio New Zealand, ia melakukan penelitian ini karena permintaan anak perempuannya yang tinggal di Singapura.

Read More

Menurutnya, sang anak ingin mengetahui bagaimana resiko demam berdarah untuk anak-anak.

“Ia mendengar bahwa ekstrak daun pepaya sangat bermanfaat membunuh virus penyebab demam berdarah,” jelasnya.

“Kami berdua berusaha untuk mencari tahu tentang hal ini selama lima hingga enam tahun terakhir,” tambahnya.

Raymond Young
(Raymond Young di kebun pepaya di Selandia Baru. Photo Courtesy : Dok Pri/Raymond Young)

Young mengatakan bahwa sebelumnya tidak ada yang tahu persis apa kandungan di dalam daun pepaya yang memiliki unsur efektivitas dalam membunuh virus. Karena itulah, pihaknya tidak segan melakukan penelitian tersebut secara kontinyu. Sayangnya, saat tim peneliti sudah menemukan kandungan tersebut, ternyata pohon pepaya justru sulit didapatkan.

“Meski pohon pepaya ada dimana-mana, kita ingin meneliti daun pepaya dari pohon berkualitas. Karena itulah, kita ingin menanam pohon sendiri di Jepang,” kata Young yang juga memiliki kerabat di negara tersebut.

Young mengatakan ia telah berinvestasi untuk menanam pepaya di Jepang, dan berupaya menanamnya pula di bagian utara Selandia Baru.

Akhirnya, varietas pertama yang disebut Wakatengu ditanam di musim semi dan daunnya dipetik sebelum musim dingin. 700 pohon pepaya ditanam di kawasan 1 hektar. Jumlah ini sama dengan perkebunan di Jepang, meskipun negara itu memiliki musim dingin dan panas yang lebih ekstrim dibandingkan dengan Selandia Baru.

Manfaat Buah Jambu dan Daunnya Untuk Mengontrol Tingkat Gula Darah

Young tertarik dengan fakta dimana daun yang diproduksi di perkebunan Selandia Baru jauh lebih efektif dalam penyembuhan demam berdarah, dibandingkan daun yang diambil dari pohon pepaya di Jepang.

Perkebunan pepaya di Kerikeri
(Young tengah mengembangkan perkebunan pepaya di Kerikeri, Selandia Baru. Photo Courtesy : Dok Pri/Raymond Young)

Saat ini, upaya penelitian akan segera dimaksimalkan New Zealand University. Penelitian ini adalah mencari tahu kadar protein di dalam daun pepaya, serta riset apakah ekstrak daun pepaya dapat mengurangi resiko kanker.

Proyek ini, lanjut Young, sempat menarik perhatian pemerintah. Langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba dari efektivitas ekstrak tersebut, bersama dengan tim dari Otago University. (NAY)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *