Dirjen Pas Kemenkumham Apresiasi Persiapan New Normal Lapas Kelas 1 Malang

  • Whatsapp
Dirjen Pas Kemenkumham Apresiasi Persiapan New Normal Lapas Kelas 1 Malang
(Dalam kunjungannya ke Lapas Kelas 1 Lowokwaru Malang, Dirjen Pas Kemenkumham, mencoba hand sanitizer buatan warga binaan. Foto : ANC/Rolasnews)
Rolasnews.com – Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham, Irjen Pol Reynhard Silitonga melakukan kunjungan ke Malang untuk melihat kesiapan Lembaga Pemasyarakatan Lapas Kelas 1 Malang dalam menghadapi New Normal.

“Kedatangan kami ke Lapas Kelas 1 Malang ini tentunya dalam rangka mengecek persiapan New Normal yang sudah dilaksanakan di sini. Dan setelah melihat persiapan di Lapas ini ternyata relatif cukup bagus mulai dari cara pendaftaran yang dilakukan secara online, kemudian ruang tunggu yang diberi sekat agar tidak bersentuhan langsung, sampai dengan waktu bertemu warga binaan yang juga dibatasi,” terangnya.

Dirjen Pas Bersama Kalapas Tinjau Museum Penjara
(Dirjen Pas Kemenkumham berbincang dengan Kalapas Kelas 1 Lowokwaru Malang usai mengunjungi Museum Pendjara. Foto : ANC/Rolasnews)

Dirjen Pas menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi Lapas Kelas 1 Malang yang sudah siap dan cukup bagus untuk di contoh lapas lainnya di seluruh Indonesia.

Read More

“Terkait kunjungan New Normal ini kami tetap evaluasi di beberapa Lapas lainnya. Nanti pada saatnya kalau evaluasi secara menyeluruh sudah dilakukan, baru kita ambil kesimpulannya,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan Reynhard, ternyata di dalam Lapas ini cukup banyak kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan diantaranya kegiatan pembinaan tentang pelaksanaan budidaya anggrek, kemudian bagaimana mempersiapkan warga binaan menjadi pelukis, seniman, wirausaha yang bisa menghasilkan sebuah karya luar biasa.

Dirjenpas Bersama Rombongan Kunjungi Budidaya Anggrek
(Dirjenpas bersama rombongan mengunjungi budidaya angrek di dalam lapas. Foto : ANC/Rolasnews)

Dengan demikian ketika nanti selesai menjalani masa hukumannya di Lapas ini, mereka sudah memiliki keterampilan dan dapat berinteraksi dengan masyarakat untuk kepentingan pembangunan nasional, minimal untuk kehidupan mereka.

“Tadi saya lihat karya dari warga binaan banyak sekali jenisnya dan sudah layak untuk dijual,” tuturnya.

Sementara itu Kalapas Kelas I Lowokwaru Malang, Anak Agung Gede Krisna, mengaku sangat berterimakasih kepada atas kehadiran Dirjen Pas yang sudah hadir dan melihat secara langsung untuk meninjau persiapan new normal di Lapas Kelas 1 Malang.

“Beliau tadi berkenan meninjau seluruh unit layanan yang ada di lapas ini mulai dari mekanisme penerimaan kunjungan dengan pembatasan-pembatasan sesuai dengan protokol covid. Meninjau drive tru penerimaan barang dan meresmikan posko P4GN yang terdiri dari TNI, Polri, BNN Pemda dengan Kemenkuham.

Kegiatan Melukis Warga Binaan
(Kegiatan melukis warga binaan di Lapas Kelas 1 Malang. Foto : ANC/Rolasnews)

“Posko ini nantinya berfungsi untuk implementasi Inpres nomor 2 tahun 2020 tentang P4GN,” sebutnya.

Kemudian Dirjen Pas juga melakukan peninjauan ke kegiatan kerja Lapas kelas 1 Malang satu persatu mulai dari pembuatan APD, pengelolaan sampah, magot, melihat pembinaan agama Islam berbasis pesantren di Lapas Kelas 1 Malang. Dilanjutkan dengan melihat hasil karya warga binaan berupa lukisan.

“Beliau juga memborong beberapa lukisan di Lapas Kelas 1 Malang, bahkan dihadiahi lukisan foto beliau oleh seorang warga binaan,” bebernya.

Kegiatan Keagamaan di Lapas Kelas 1 Malang
(Kegiatan keagamaan di Lapas Kelas 1 Malang pun tak luput dari pemantauan Dirjen Pas Kemenkumham. Foto : ANC/Rolasnews)

Tidak Ada Warga Binaan di Lapas Jatim yang Terpapar COVID-19

Kemudian  dilanjutkan dengan melihat mekanisme budidaya jamur. Dirjen Pas juga memberikan sumbangan berupa buku kepada taman bacaan Majapahit dan dilanjutkan dengan peresmian cafe atau apa jagongan jail yang berada di komplek rumah dinas Lapas Kelas 1 Malang.

“Dirjen Pas mengapresiasi kepada seluruh jajaran Lapas Kelas 1 Malang dalam rangka peningkatan pelayanan publik khususnya pembinaan keamanan dan bentuk  koordinasi dengan seluruh stakeholder di Malang,” sebutnya.

Dirjen pas Tinjau Lokasi Pembuatan Miniatur
(Melihat-lihat hasil kerajinan tangan berupa miniatur kendaraan dari bahan-bahan sederhana. Foto : ANC/Rolasnews)

Diakhiri kunjungan kerjanya Dirjen Pas juga meninjau pengembangan sarana asimilasi dan edukasi di daerah Ngajum.

“Beliau juga mengamanatkan untuk segera diselesaikan. Sehingga dalam waktu dekat bisa segera diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *