Film Kamila Andini “Before, Now & Then” Masuk Seleksi di Kompetisi Utama Berlinale

Film Kamila Andini “Before, Now & Then” Masuk Seleksi di Kompetisi Utama Berlinale
(Sutradara Kamila Andini dan film “Before, Now & Then” yang akan berkompetisi di Festival Film Internasional Berlin. @kamilandini/Instagram)

Rolasnews.com – Sutradara ternama Kamila Andini tentu sangat bangga karena film besutannya, “Before, Now & Then” (“Nana”) berhasil masuk dalam daftar salah satu film yang berkompetisi di ajang Festival Film Internasional Berlin. Film ini juga akan diputar secara perdana pada perhelatan bergengsi tersebut.

Kamila Andini mengunggah kabar gembira ini melalui kanal resmi YouTubenya pada 20 Januari 2022 setelah penyelenggara festival mengumumkannya pada 19 Januari 2022 waktu setempat.

Read More

Festival itu sendiri akan berlangsung sejak 10 sampai 20 Februari 2022.

“Before, Now & Then” bakal bersaing ketat dengan 17 film lainnya dari berbagai negara yang berkompetisi untuk memenangkan Golden Bear dan Silver Bears Awards pada Festival Film Inernasional Berlin ke-72 tersebut.

Produser Ifa Isfansyah sempat mengungkapkan bahwa dirinya terlalu senang dan sempat tidak percaya bahwa film ini dapat berkompetisi di ajang yang bergengsi ini. Terlebih, festival di Berlin sangat banyak, dimana Berlinale adalah kompetisi utama.

“Saya juga bisa bilang ini pencapaian tertinggi saya sebagai produser dan Kamila Andini sebagai sutradara serta tim Fourcolours. Kami belum pernah ada pencapaian film yang di titik seperti ini,” ujarnya.

Selain Ifa Isfansyah, produser film ini adalah Gita Fara. Sedangkan aktor dan aktris pemerannya adalah Happy Salma, Laura Basuki dan juga Arswendy Bening Swara.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kamila Andini (@kamilandini)


Masuknya “Before, Now & Then” di kompetisi utama Berlinale tentu merupakan kabar menggembirakan bagi insan perfilman Indonesia.

Film ini merupakan saduran dari novel “Jais Darga Namaku” yang merupakan karya Ahda Imran.

Film berbahasa Sunda ini mengangkat kisah seorang wanita bernama Raden Nana Sunani. Nana adalah seorang wanita yang melarikan diri ke Bandung karena tidak mau menikah muda di kampungnya. Tetapi pada akhirnya, dia pun ternyata menikah dengan seorang pria yang memiliki simpanan.

Nana dan simpanan suaminya kemudian saling mendukung karena kesamaan nasib.

Di tahun 2021, “Before, Now & Then” memenangkan CJ Entertaintment Award di ajang Asian Project Market (APM).

Event ini digelar Busan International Film Festival. Film ini juga mendapat penghargaan di ajang Purin Pictures Autumn Grant di Bangkok.

SUMBER

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.