852 Wisudawan UM Jalani Prosesi Wisuda ke-107 Secara Hybrid

  • Whatsapp
852 Wisudawan UM Jalani Prosesi Wisuda ke-107 Secara Hybrid
(Penyerahan ijasah dari Rektor UM kepada wisudawan. Credit: Ist)

Rolasnews.com – Universitas Negeri Malang (UM) hari ini, Sabtu (2/10), kembali menggelar wisuda. Sama seperti sebelumnya, prosesi wisuda kali ini tetap diselenggarakan secara hybrid (luring-daring).

Tercatat, jumlah wisudawan yang terdaftar pada wisuda ke-107 sebanyak 852 orang, yang terdiri dari 17 orang program Doktor, 107 orang program Magister, 699 orang program Sarjana, dan 29 orang program Diploma.

Read More

Dengan demikian, secara akumulatif UM telah meluluskan sebanyak 138.557 orang, terdiri atas 2.054 orang program Doktor, 10.675 orang program Magister, 89.647 orang program Sarjana, 16.472 Diploma III, 1.696 orang lulusan PPG, dan 18.013 orang program Non Gelar.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. dalam sambutannya meminta agar lulusan UM harus mampu terus meningkatkan kualitas kompetensi dan kapabilitas terutama pada aspek kepemimpinan, kerjasama tim, adaptasi teknologi dan kewirausahaan mutlak harus dimiliki.

“Singkatnya, peningkatan kualitas SDM merupakan pilar utama yang tidak dapat diabaikan dan menjadi satu keniscayaan yang harus dilaksanakan oleh alumni UM,” ujarnya di gedung Graha Cakrawala UM,.

Lebih lanjut Prof Rofi’uddin mengingatkan para wisudawan bahwa keberhasilan mereka menempuh studi di UM tidak semata karena kepandaian, kecerdasan, keuletan mereka. Akan tetapi begitu banyak faktor yang mendukung meberhasilan para wisudawan, terutama orang tua dan seluruh kolega.

“Karena itu semua wisudawan harus menghargai jasa-jasa dan mendoakan yang terbaik baik bagi mereka. Sebab dengan begitu Insyaallah keberhasilan yang telah kalian raih ini akan penuh hikmah dan berkah,” tuturnya.

Selain itu Prof Rofi’uddin juga meminta para alumni UM jangan pernah melupakan kampus yang pernah menempa dan mengantarkan mereka kepada kesuksesan. Junjung tinggi citra dan keharuman almamater UM dengan cara kerja keras untuk menjadikan diri sebagai manusia yang sukses dalam berkarir dan sekaligus sebagai manusia terhormat yang bisa memberi manfaat kepada kehidupan masyarakat

“Jadilah bagian yang tak terpisahkan dari UM dan tanamkan rasa cinta dan ikatan emosional yang kuat dengan kampus UM,” ucapnya.

Rektor UM
(Rektor UM memberikan sambutan di acara wisuda UM ke-107 yang digelar secara hybrid. Credit: Ist)

Baca Juga :

Wisuda ke-106, Rektor UM Tekankan Keterampilan Literasi dan Kompetensi

Sementara itu Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang (UM), Dr Muarifin MPd., mengaku bahwa kegiatan wisuda ke-107 kali ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan yakni tanggal 2 Oktober 2021.

“Kami memutuskan kalau pendaftarnya kurang dari 500, lebih baik ditunda. Tapi Alhamdulillah ternyata yang mendaftar lebih dari 500 sehingga pelaksanaan wisuda ini bisa terlaksana sesuai jadwal,” ungkapnya.

Menurutnya pelaksanaan wisuda kali ini tetap sama seperti sebelumnya. Ada perwakilan wisudawan yang sengaja di undang untuk bisa datang langsung secara luring, sisanya mengikuti secara daring.

“Dengan tetap mewakili protokol kesehatan, kita undang perwakilan dari masing-masing fakultas yang nilainya terbaik untuk mengikuti prosesi wisud tatap muka secara langsung di Graha Cakrawala,” paparnya.

“Jumlah perwakilan wisudawan yang luring kita tambah terutama yang dari pasca sarjana,” imbuhnya.

Disebutkan, pada wisuda ke-107 ini, jumlah lulusan yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih besar dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 713 orang (97,94%).

Dari jumlah lulusan wisuda ke-107 ini, 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan.

Para wisudawan UM
(Para wisudawan UM yang mengikuti wisuda ke-107 secara hybrid. Credit: Ist)

Berikut nama-nama keempat lulusan tersebut  yang disampaikan beserta gelar akademik dan sebutan profesionalnya, sebagai berikut.

– Program Diploma III: Yusuf Mahesa, A.Md; IPK = 3,7 dengan lama studi 6 semester. Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Fakultas Teknik (FT); yudisium Dengan Pujian.

– Program Sarjana: Fatah Kurniawan S.Pd; IPK = 3,91 dsngan lama studi 7 semester. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA; yudisium Dengan Pujian.

– Program Magister: Atricia Martya Juarlinda, M.Pd; IPK = 3,91dengan lama studi 3 semester. Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi (FE); yudisium Dengan Pujian.

– Program Doktor: Dr. Adolina Velomena Lefaan; IPK = 3,88; lama studi 6 semester; Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra (FS), yudisium Dengan Pujian.

Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oleh Nur Mega Aris Saputra, S.Pd; Program Studi S1 Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). (ANC)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *