Penggolongan SIM C Mulai Diberlakukan Tahun Ini

  • Whatsapp
Penggolongan SIM C Mulai Diberlakukan Tahun Ini
(SIM C akan dibagi tiga golongan yang penerapannya mulai berlaku tahun ini. Credit : Korlantas Polri)
Rolasnews.com – Penggolongan Surat Izin Mengemudi sepeda motor atau SIM C akan berlaku tahun ini. Aturan mengenai penggolongan SIM C ini diatur dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, yang sudah dikeluarkan sejak Februari lalu.

Nantinya akan ada tiga golongan SIM motor yang berlaku, yakni SIM C, SIM CI, dan SIM CII.

Dilansir dari Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 tahun 2021, Selasa 13 Juli 2021, berikut adalah  perbedaan tiga golongan baru SIM C.

Read More

1. SIM C, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic).

2. SIM CI, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500 cc (lima ratus centimeter cubic), atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

3. SIM CII, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Saat ini aturan mengenai golongan baru SIM C ini belum resmi diterapkan dan sedang dalam tahap sosialisasi. Namun aturan baru sudah diundangkan sejak 19 Februari 2021, yang artinya sebentar lagi akan segera diberlakukan.

Baca Juga :

Permudah Masyarakat Urus SIM, Polri Luncurkan Aplikasi “SINAR”

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan tiga penggolongan SIM C di atas, pemilik moge atau motor bermesin 250cc wajib memiliki SIM baru. Pasalnya, SIM C yang saat ini digunakan hanya berlaku untuk sepeda motor bermesin di bawah 250cc.

Tidak hanya pemilik moge yang harus mengganti SIM mereka. Para pemilik sepeda motor listrik juga harus mengganti SIM C mereka menjadi SIM C1 ataupun C2.

Namun pemilik moge dan motor listrik tidak serta merta bisa langsung membuat SIM C1 atau SIM CII. Syaratnya, pemilik kendaraan harus memiliki SIM C selama 12 bulan sejak diterbitkan sebelum naik ke golongan CI.

Syarat ini juga berlaku jika ingin naik ke golongan CII. Pemilik kendaraan harus sudah menggunakan SIM CI selama 12 bulan sejak diterbitkan sebelum naik ke SIM CII. (TON/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *