Kanguru Pun Bisa Berkomunikasi Dengan Manusia, Lho…

  • Whatsapp
Kanguru Pun Bisa Berkomunikasi Dengan Manusia, Lho...
(Dr Alan McElligott dengan seekor kanguru di Australian Reptile Park. Photo Courtesy : Alexandra Green/The Guardian)
Rolasnews.com – Tidak banyak yang mengetahui bahwa kanguru pun memiliki kemampuan untuk dapat berkomunikasi dengan manusia. Seperti layaknya anjing peliharaan, kanguru memberikan petunjuk kepada manusia, dengan cara memandang ke suatu tempat atau titik, dimana ia dapat meminta bantuan.

Peneliti asal Irlandia, Alan McElligott mengungkapkan hal ini pada Rabu (15/12) setelah ia melakukan serangkaian penelitian. Alan mengatakan bahwa penelitian yang ia lakukan melibatkan 11 ekor kanguru. Namun, kanguru tersebut masih belum dijinakkan, alias tinggal di kawasan hutan lindung.

Para peneliti mencatat bahwa sepuluh dari sebelas kanguru menatap para peneliti tersebut dengan tajam. Hal ini mereka lakukan saat mereka tidak dapat membuka kotak berisi makanan. Sembilan dari kanguru tersebut menatap para peneliti dan juga kotak makanan tersebut berulang-ulang. Tentu hal ini merupakan isyarat bahwa mereka meminta pertolongan manusia, untuk membuka wadah tersebut.

Read More

“Kami menafsirkan tingkah laku mereka sebagai bentuk komunikasi mensinyalir permintaan bantuan,” papar McElligott kepada Reuters melalui saluran telepon dari Hong Kong.

Lebih lanjut, McElligott mengatakan bahwa hal ini sangat mengejutkan. Pasalnya, perilaku seperti ini tidak umum ditunjukkan oleh hewan liar.

Penelitian tersebut sekaligus menentang opini banyak pengamat, dimana hanya hewan peliharaan saja yang dapat berkomunikasi dengan manusia. Biasanya, memang hanya anjing atau kuda yang memiliki kedekatan dengan tuannya. Padahal, riset ini membuktikan bahwa masih ada jenis hewan liar yang menyampaikan keinginan kepada manusia.

Napak Tilas Jalur Ulat Sutera Tegaskan Kucing adalah Hewan Peliharaan Sejak Jaman Baheula

Keterkejutan McElligott juga dirasakan oleh salah seorang rekannya, Alexandra Green. Peneliti dari University of Sydney ini juga mengira bahwa hanya hewan peliharaan saja yang mencoba meminta bantuan kepada manusia.

“Tetapi kanguru ternyata bisa melakukannya,” jelas Green.

“Bisa jadi, kanguru menunjukkan perilaku ini karena ia sedang berada pada lingkungan yang tepat dimana ada beberapa manusia di sekitarnya,” tegasnya. (NAY)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *