Kapasitas Produksi Batubara Dunia Menyusut Tajam di Paruh Pertama 2020

  • Whatsapp
Kapasitas Produksi Batubara Dunia Menyusut Tajam di Paruh Pertama 2020
(Penurunan kapasitas produksi batubara global di masa pandemi dianggap dapat menahan laju perubahan iklim. Foto : Istock)
Rolasnews.com – Kapasitas produksi batubara untuk menghasilkan energi menurun selama paruh pertama di tahun 2020. Bahkan ini adalah penurunan paling tajam yang pernah tercatat.

Data yang dirilis grup Global Energy Monitor, menunjukkan bahwa kapasitas produksi batubara global menyusut lebih dari 2,9 gigawatt dari Januari hingga Juli akibat tutupnya beberapa pabrik di seluruh dunia.

Ini hanya sebagian kecil dari kapasitas dunia secara keseluruhan dari pembangkit listrik tenaga batubara. Pasalnya, menurut data kelompok tersebut, saat ini pabrik batubara yang beroperasi di seluruh dunia memiliki kapasitas 2.047 gigawatt.

Read More

Kapasitas pembangkit batubara menurun di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Tetapi justru meningkat di negara lain seperti China.

Di AS, salah satu konsumen terbesar energi berbasis batubara, banyak pabrik batubara tutup dalam beberapa tahun terakhir. Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Januari lalu, menyatkan bahwa antara tahun 2005 dan 2016, 334 unit berbahan bakar batubara ditutup.

Pada tahun 2019, konsumsi energi terbarukan di AS melampaui konsumsi batubara untuk pertama kalinya dalam lebih dari 130 tahun.

Uni Eropa Rata-rata Alami Penurunan Ekonomi 12,1% di Kuartal Kedua

Direktur program batubara Global Energy Monitor, Christine Shearer, menulis dalam sebuah postingan mengenai fakta bahwa menyusutnya kapasitas produksi batubara disebabkan menurunnya permintaan akibat pandemi COVID-19 serta adanya regulasi yang lebih ketat di Uni Eropa untuk energi yang tidak ramah lingkungan.

Namun demikian, Shearer menambahkan, penurunan kapasitas produksi batubara diperlukan untuk mencegah atau setidaknya memperlambat perubahan iklim.

Sebagaimana diketahui, pemakaian batubara untuk energi mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida dibandingkan bahan bakar lain seperti gas alam atau bensin. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *