UM Buka Lima Jalur Mandiri Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

(Graha Rektorat UM.Credit: ANC)
(Graha Rektorat UM.Credit: ANC)

Rolasnews.com – Universitas Negeri Malang (UM) kembali membuka seleksi masuk melalui jalur mandiri. Ada lima jalur mandiri yang disiapkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan nya di UM.

Direktur Akademik UM, Prof. Dr. Suyono, M.Pd., menyebutkan, jalur mandiri yang dibuka UM meliputi, Jalur Mandiri Prestasi, Jalur Mandiri Portofolio, Jalur Mandiri menggunakan skor UTBK SBMPTN, Jalur Mandiri Tes Masuk Berbasis Komputer Universitas Negeri Malang (TMBK-UM), dan Jalur Mandiri Kemitraan Institusi.

Read More

Menurutnya, karena saat ini UM berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), sehingga dapat menerima mahasiswa baru maksimal 50 persen dari kuota melalui jalur mandiri. Dari 50 kuota tersebut baru kemudian dibagikan melalui jalur-jalur mandiri yang dibuka UM.

Direktur Akademik UM, Prof. Dr. Suyono, M.Pd.

“Kalau dari sisi kuota, sebenarnya UM tidak membagi-bagi. Tapi dari pengalaman tahun sebelumnya, yang paling banyak pendaftarnya tentu yang dari jalur Portofolio, kemudian pendaftar dari skor UTBK SBMPTN dan TMBK juga cukup banyak,” sebutnya kepada wartawa di gedung rektorat UM lantai 2, Kamis (21/4/2022).

Lebih lanjut Prof Suyono, mejelaskan, Jalur Mandiri Prestasi adalah seleksi mahasiswa baru yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMA, SMK, MA, atau sederajat di dalam dan luar negeri yang memiliki prestasi unggul dalam bidang tertentu.

“Jalur prestasi ini tentu diperuntukan bagi mereka yang benar-benar berprestasi baik prestasi akademik maupun non akademik. Dan dapat menunjukkan bukti-bukti prestasinya sesuai dengan yang mereka punya,” ujarnya.

Kemudian, Jalur Mandiri Portofolio merupakan seleksi yang dilakukan berdasarkan pada skor nilai rapor dan dokumen portofolio prestasi akademik dan atau non akademik. Sedangkan Jalur Mandiri dengan menggunakan Skor UTBK adalah seleksi yang dilakukan menggunakan skor UTBK-SBMPTN.

Jalur selanjutnya yang bisa ditempuh yaitu jalur Mandiri Seleksi Tes Masuk Berbasis Komputer Universitas Negeri Malang (TMBK-UM), yang mana seleksi dilakukan berdasarkan skor tes ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan oleh UM.

Sementara Jalur Mandiri Kemitraan Institusi adalah seleksi yang dilakukan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru yang bekerja sama dengan institusi (perusahaan, atau lembaga pemerintah/swasta dalam dan luar negeri). Tujuannya menjalin kerja sama untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di UM.

“Jalur kemitraan ini terbuka untuk semua institusi siapa saja yang berminat. Untuk jalur kemitraan institusi dikenakan UKT dan SPSA sesuai dokumen kerja sama,” tandasnya.

Berikut jadwal pendaftaran Jalur Mandiri UM:
– Jalur Mandiri Prestasi, 4 April – 2 Juni 2022
– Jalur Mandiri Portofolio, 19 April – 6 Juli 2022
– Jalur Mandiri Skor UTBK, 3 – 25 Juni 2022
– Jalur Mandiri TMBK UM, 19 April – 24 Juni 2022
– Jalur Mandiri Kemitraan Institusi 19 April – 5 Mei 2022

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.