Gelar Wisuda ke-38, Rektor Unitri Dorong Para Wisudawan Jadi Job Creator

(Rektor Unitri memberikan sambutan dalam pelaksanaan wisuda ke-38. Credit: ANC)
(Rektor Unitri memberikan sambutan dalam pelaksanaan wisuda ke-38. Credit: ANC)

Rolasnews.com – Universitas Tribhuwana
Tunggadewi (UNITRI) Malang kembali melangsungkan prosesi wisuda untuk Program Sarjana dan Magister. Mengingat masih dalam kondisi pandemi, gelaran wisuda periode 38 tahun 2022 ini digelar secara hibrid dan diikuti sebanyak 162 wisudawan.

Disebutkan, dengan tambahan 162 wisudawan baru, hingga sampai saat ini Unitri tercatat telah meluluskan 13.052 orang sarjana dan magister.

Read More

Dalam sambutannya, Rektor UNITRI, Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc mengucapkan selamat kepada para Wisudawan atas keberhasilan mereka
telah menyelesaikan pendidikan di Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Menurutnya, Wisuda bukanlah purna tugas untuk berhenti belajar. Namun sebaliknya, ilmu yang sudah didapatkan di kampus akan dilanjutkan untuk digunakan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin komplek ke depan.

Lebih lanjut, Rektor UNITRI mengingatkan kepada seluruh wisudawan bahwa menjadi Sarjana dan Magister bukan akhir dari karier. Tetapi menjadi awal dari karier dan perjuangan untuk menatap masa dengan yang berguna bagi keluarga, nusa dan bangsa.

(Pemindahan tali toga wisudawan Unitri. credit: ist)
(Pemindahan tali toga wisudawan Unitri. credit: ist)

‚ÄúSebagai alumni UNITRI, hendaknya tidak hanya menjadi ‘job seeker’, tetapi berupayalah menjadi ‘job creator’,”ucapnya, Sabtu (26/3/2022).

Selain itu Rektor juga menekankan, agar para alumni dapat terus menjalin komunikasi dengan almamater tercinta sekaligus bergabung dalam IKABHUWANA (Ikatan Alumni Universitas Tribhuwana Tunggadewi). Sebab alumni adalah bagian penting dalam program program kegiatan Universitas dalam peningkatan kualitas Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

“Kritik dan saran yang konstruktif dari seluruh sivitas dan juga alumni UNITRI selalu saya harapkan untuk perbaikan UNITRI. Bawalah pulang dan beritakanlah keluar hal-hal yang baik tentang UNITRI, tetapi
tinggalkanlan hal-hal yang kurang baik tentang UNITRI untuk kita perbaiki bersama.” pungkasnya.

Berikut nama wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik di masing-masing jenjang :
1. Wisudawan terbaik Tingkat Universitas diraih oleh PRATIWI ANANDA, S.I.Kom dari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik;

2. Wisudawan terbaik Fakultas Pertanian diraih oleh MARIANA SARLIATI YULITA, S.Pt dari Program Studi Peternakan;

3. Wisudawan terbaik Fakultas Teknik diraih oleh ILYASANTI TRESNA KURNIATI, S.T dari Program Studi Teknik Sipil;

4. Wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diraih PRATIWI ANANDA, S.I.Kom dari Program Studi Ilmu Komunikasi;

5. Wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Kesehatan diraih oleh MARNIATI BULU, S.Kep dari Program Studi Keperawatan;

6. Wisudawan terbaik Program Sarjana Terapan Kebidanan diraih oleh MELDAWATI, S.Tr.Keb dari Program Studi Kebidanan;

7. Wisudawan terbaik Sekolah Pascasarjana diraih oleh RAHMAT HIDAYAT, S.P., M.P dari Program Studi Ekonomi Pertanian;

Sementara itu sebagai informasi, UNITRI saat ini memiliki 19 Program Studi yang terkelompok di dalam 7 Fakultas yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Sekolah Pasca Sarjana dengan peringkat Akreditasi Prodi yakni A dan B. Sementara Jumlah dosen tetap di Universitas Tribhuwana Tunggadewi adalah 216 orang dan 18,5% (38 orang) diantaranya bergelar S3 dari berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

Sampai dengan saat ini Semester Genap 2021/2022 , jumlah mahasiswa aktif di UNITRI adalah 7946 mahasiswa Program Sarjana, , 76 mahasiswa Program Profesi Ners dan 156 mahasiswa Program Pascasarjana (S2), yang berasal dari berbagai propinsi di Indonesia, dan dari Luar Negeri (Timor Leste). UNITRI juga menerima 1601 mahasiswa baru pada awal Semester Ganjil 2021/2022. Pada Semester Ganjil tahun akademik 2021/2022, terdapat 127 mahasiswa memperoleh KIP kuliah. 73 mahasiswa memperoleh beasiswa Bidikmisi dan 292 mahasiswa mendapat bantuan UKT dari Kemendikbud periode Ganjil 2021/2022. Ada 1663 mahasiswa mendapat Beasiswa UNITRI.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *