Sting Jual Katalog Seluruh Karya Musiknya Senilai US$250 Juta ke UMG

Sting Jual Katalog Seluruh Karya Musiknya Senilai US$250 Juta ke UMG
(Sting. Credit: Shutterstock)

Rolasnews.com – Sting belum lama ini menjual katalog seluruh musik ciptaannya ke Universal Music Group (UMG). Karya musik itu mencakup lagu-lagunya selama bersolo karir serta ketika dia masih tergabung dengan grup rock The Police.

Meski belum ada detil rincian secara finansial, namun penjualan yang diumumkan UMG tersebut diperkirakan bernilai tak kurang dari US$250 juta.

Read More
Link Banner

Kesepakatan pembelian itu termasuk beberapa hits The Police seperti “Every Breath You Take”, “Roxanne”, “Every Little Thing She Do Is Magic”, dll.

Begitu pula dengan sejumlah hitnya yang sukses seperti “If I Ever Lose My Faith in You”, “Englishman in New York”, dan “Fields of Gold”.

Kesepakatan itu juga meliputi hak cipta untuk seluruh lagu Sting, ditambah royalty sebagai pencipta lagu. Hal ini berarti UMG akan menerima semua pendapatan secara komersil dari lagu-lagu tersebut di masa depan.

“Begitu banyak kenangan di masa muda saya yang terkait dengan lagu-lagu luar biasa karya Sting. Baik itu ketika pertama kali menghadiri konser The Police di Philadelphia, mendengarkannya di radio, atau pun saat saya memainkannya,” kata CEO Universal Music, Jody Gerson, sebagaimana dilansir majalah online Rolling Stone.

Bos Universal Music itu juga gembira dengan tercapainya kesepakatan pembelian katalog musik Sting.

“Saya tak pernah membayangkan suatu hari saya akan memimpin sebuah perusahaan yang akan menjadi penjaga warisan lagu-lagu hebat karya Sting. Kami semua di Universal Music Publishing Group akan memperlakukan lagu-lagu ini dengan rasa hormat, tanggung jawab dan kegembiraan terkait dengan apa yang kami capai untuk musiknya di masa-masa mendatang,” terang Gerson.

Sementara Sting sendiri mengatakan penjualan katalog karya musiknya ke UMG adalah langkah terbaik.

“Bagi saya ini sangat berarti karena lagu-lagu saya mendapatkan rumah yang layak (UMG, red) di mana lagu-lagu itu diapresiasi dan dihargai,” kata Sting kepada The New York Times.

“Tak hanya dinikmati penggemar lama dengan cara baru, tetapi juga untuk memperkenalkan lagu-lagu saya ke audiens, musisi dan generasi masa kini,” lanjut pria bernama asli Gordon Matthew Thomas Sumner itu.

Selain Sting, beberapa musisi lain yang belum lama ini juga menyetujui kesepakatan serupa yang menguntungkan adalah Bob Dylan, Bruce Springsteen, David Coverdale, Stevie Nicks, dan pewaris hak atas karya musik mendiang David Bowie.

SUMBER

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *