FPP UMM Launching Produk Pakan Ternak UMM Profeed

(Launching produk pakan ternak UMM Profeed.Credit: ANC)
(Launching produk pakan ternak UMM Profeed.Credit: ANC)

Rolasnews.com – Fakultas Pertanian Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaunching tiga varian produk pakan ternak pedet sapi UMM Profeed. Masing-masing yakni Calf Milk Replacer (CMR), Calf Stater 1 dan Calf Stater 2.

Ketiga produk tersebut merupakan hasil penelitian dari tim peneliti FPP UMM yaitu

Read More

Dr. Ir Listiari Hendraningsih MP IPM, Dr Ir Ahmad Wahyudi MP IPU, Dr. Ir Sutawi MP,  Prof Dr Ir Indah Prihartini, dan Septi Nur Wulan Mulatmi, S. Pt.,  M. Sc dibantu oleh beberapa mahasiswa.

Dr. Ir Listiari Hendraningsih, menjelaskan, ketiga produk pangan tersebut dapat dikonsumsi pedet sesuai dengan fase usianya. Sebab pedet sapi yang baru lahir pencernaannya masih belum siap untuk makan rumput. Sehingga harus minum susu induknya dulu.

“Masalahnya kita tidak tahu produksi susu induk cukup tidak untuk anaknya. Sebab kita tidak pernah bisa mengukur kalau pedet ini langsung menyusu ke induknya. Karena itu kita ambil pedetnya dan kita beri kualitas susu yang mirip dengan susu induk,” jelasnya di Sengkaling Kuliner, Kamis (23/12/2021).

(Dr. Ir Listiari Hendraningsih MP IPM menjelaskan tentang produk UMM profeed. Credit: ANC)
(Dr. Ir Listiari Hendraningsih MP IPM menjelaskan tentang produk UMM profeed. Credit: ANC)

“Dengan begini pedet akan tumbuh dengan baik, kemudian induknya akan bisa cepat kita kawinkan kembali,” imbuhnya.

Disampaikan Listiari, produk Calf Milk Replacer merupakan produk pakan ternak pengganti susu pedet. Biasanya diberikan ketika pedet tidak lagi minum Kolostrume, sekitar usia 1-2 hari.

Kemudian ada pula produk calf stater1 yang berfungsi sebagai makanan pendampin.

“Jadi masih sambil minum susu mulai kita kenalkan dengan makanan padat, tapi yang masih ada susunya,” ucapnya.

Selanjutnya, secara perlahan jika calf stater 1 sudah stabil, maka bisa diberhentikan saja pakan cairnya dan mulai digabung dengan  Calf Stater 2 yang berbentuk pakan konsentrat. Kalau Calf Stater 2 untuk menyiapkan pedet agar nanti bisa mengkonsumsi hijauan.

“Ketiga produk ini sebenarnya bisa digunakan untuk cempe kambing dan domba. Tinggal jumlahnya saja yang disesuaikan,” tandasnya.

(Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd, meninjau salah satu produk pakan UMM Profeed. Credit: ANC)
(Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd, meninjau salah satu produk pakan UMM Profeed. Credit: ANC)

Sementara itu Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd. menyambut baik dilaunchingnya produk pakan ternak pedet sapi UMM Profeed. Menurutnya, hal ini adalah satu perjalanan akademik yang memang harus direspon dan produk ini masih belum berakhir. Karena tekat UMM memang hulu hilir dimulai dari riset kemudian hilirisasi.

“Ketika berbicara hilirisasi tentu saja akan berbicara kemanfaatan dan pasar. Ini merupakan tugas kita dan tentu nanti saya akan berbicara khusus tentang sindikasi pasar yang memungkinkan untuk bisa berkembangnya produk riset yang dilakukan oleh kawan-kawan,” tuturnya.

Apalagi masih ada banyak komodite yang saat ini dikerjakan risetnya dan Insyaallah tidak lama juga akan dilaunching.

“Saya berharap terus akan ada inovasi maupun improvisasi di segala bidang,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.