Peduli Lingkungan, IKIP Budi Utomo Terjunkan 50 Mahasiswa Ikuti GASS

  • Whatsapp
Peduli Lingkungan, IKIP Budi Utomo Terjunkan 50 Mahasiswa Ikuti GASS
(Mahasiswa IKIP Budi Utomo membantu kegiatan Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) di Kelurahan Bareng yang digagas Pemkot Malang. Credit: ANC)

Rolasnews.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, puluhan mahasiswa IKIP Budi Utomo (IBU) diterjunkan untuk mengikuti kerja bakti Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) yang digagas Pemerintah Kota Malang. Kegiatan GASS Kali ini dilakukan di RT 13 RW 08, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Wakil Rektor III, Drs. Ali Badar, M.Pd, mengatakan, kegiatan di Kelurahan Bareng ini merupakan kelanjutan dari minggu yang lalu di penanggungan.

Read More

“Ada 50 mahasiswa dan 2 dosen pendamping yang kita terjunkan dalam kegiatan kerja bakti kali ini. Sebagian ada yang merupakan mahasiswa asli dari IBU, sebagian lagi merupakan mahasiswa yang tergabung dalam program MBKM yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang belajar di IBU,” jelasnya saat ditemui di lokasi kerja bakti, Minggu (14/11).

Mahasiswa IBU membersihkan sampah
(Puluhan mahasiswa IBU dan mahasiswa yang tergabung dalam program MBKM, turut membantu membersihkan sampah di Kelurahan Bareng. Credit: ANC)

“Untuk membedakan, mereka yang memakai kaos biru toska adalah mahasiswa MBKM. Sedangkan yang memakai kaos pink adalah mahasiswa asli IBU,” imbuhnya.

Menurut Ali, kerja bakti bersih-bersih ini merupakan salah satu program dari kebudiutamaan yaitu kepedulian. Seteh ini mungkin nanti akan dilanjutkan dengan program yang lain.

“Pulang dari sini akan dilakukan evaluasi. Karena masih ada banyak kesempatan untuk berbuat lebih baik memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya yang di Malang Raya,” tandasnya.

Ali Badar
(Wakil Rektor III IKIP Budi Utomo, Drs. Ali Badar, M.Pd. Credit: ANC)

Baca Juga :

Puluhan Mahasiswa IKIP Budi Utomo Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang di Penanggungan, Kota Malang

Sementara itu, Anggota Fraksi PKB DPRD Kota Malang, Arief Wahyudi, SH, menyambut baik kegiatan GASS dari Pemkot Malang. Hanya saja ia menyayangkan bahwa dalam kegiatan GASS ini yang bergerak justru masyarakat dari luar Bareng sebagian

“Artinya secara seremonial kegiatan ini berhasil, tetapi secara substansi untuk menyadarkan masyarakat Bareng atas kebutuhan lingkungan yang baik, itu kurang mengena,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini sebenarnya baik untuk dilakukan secara rutin, apalagi bekerjasama dengan perguruan tinggi.

“Yang saya lihat banyak hadir hari ini dari IKIP Budi Utomo,” ucapnya.

Foto bersama mahasiswa IBU dan Ali Badar
(Foto bersama Ali Badar dan para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan kerja bakti membersihkan sampah di Kelurahan Bareng. Credit: ANC)

Arief berharap kedepan perguruan tinggi tetap terlibat tetapi dalam rangka edukasi kepada masyarakat. Sehingga ketika ada kegiatan seperti ini tenaga utama itu harus dari masyarakat setempat.

“Kedepan perguruan tinggi lebih banyak ke edukasi. Setelah edukasi maka kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan akan muncul,” ungkapnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *