Peduli Korban Banjir, UMM Salurkan Bantuan Material Bangunan di Jodipan

  • Whatsapp
Peduli Korban Banjir, UMM Salurkan Bantuan Material Bangunan di Jodipan
(Penyerahan bantuan kursi dari UMM ke RW VI, Jodipan, Blimbing, Kota Malang, yang sebagian hanyut diterjang banjir beberapa hari lalu. Credit: ANC)

Rolasnews.com – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali melakukan aksi sosial untuk meringankan beban warga terdampak banjir yang terjadi beberapa waktu lalu. Melalui prorgam UMM berbagi untuk negeri, sejumlah bantuan bahan bangunan disalurkan untuk memperbaiki fasilitas umum di wilayah RW VI, Kelurahan Jodipan, Blimbing, Kota Malang yang rusak akibat banjir bandang.

Zakarija Achmat, S.Psi. M.Si. selaku koordinator dari UMM mengatakan bahwa UMM selama ini memang punya program donasi yang dikumpulkan untuk kemudian diberikan ke masyarakat yang memang mengalami kesulitan.

Read More

“Tidak hanya di kebencanaan, bantuan juga diberikan pada saat kondisi pandemi covid,” ujarnya di Jodipan Gang 3, Sabtu (13/11).

Sementara bantuan bahan bangunan yang diberikan di wilayah Jodipan ini nantinya akan dimanfaatkan untuk memperbaiki fasilitas bangunan air bersih yang kerap digunakan warga.

“Di lokasi ini atap bangunannya kemarin sempat rusak akibat banjir sehingga perlu perbaikan. Jadi kita bantu untuk material bangunannya. Meskipun tidak seluruhnya tapi semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi masyarakat. Bantuan berupa spandex, kemudian galvalum dan pipa paralon,” sebutnya.

Lokasi sumber air di Jodipan yang akan diperbaiki
(Lokasi fasilitas sumber air yang akan diperbaiki. Credit: ANC)

Selain itu, UMM juga menyerahkan bantuan kursi plastik yang biasa dipakai warga untuk pertemuaan di Balai RW. Bantuan ini diberikan karena pada saat kejadian kemarin kursi di balai pertemuan yang awalnya berjumlah 100, setelah kejadian hanya tersisa 10 kursi. Yang lainnya hanyut.

“Sedangkan untuk bantuan sembako sementara tidak kami berikan karena informasi dari Pak RW sudah mencukupi dan telah ditutup donasi untuk sembako,” terangnya.

Zakarija dan Luthfi
(Zakarija Achmat dari UMM dan Muhammad Luthfi, Ketua RW VI, Jodipan. Credit: ANC)

Baca Juga :

Puluhan Mahasiswa IKIP Budi Utomo Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang di Penanggungan, Kota Malang

Sementara itu, Mohammad Luthfi selaku Ketua RW 6 menjelaskan bahwa ada 31 rumah yang terdampak. 19 di antaranya hancur bahkan hanyut. Beruntung, semua bangunan itu sudah dibangun kembali berkat kerja sama para warga dan para relawan.

“Alhamdulillah para warga sudah kembali ke rumah masing-masing setelah sebelumnya mengungsi ke mushola,” tuturnya.

Menunjukkan bangunan yang rusak diterjang banjir
(Mohammad Luthfi, Ketua RW VI Jodipan, menunjukkan bekas ketinggian air saat banjir. Credit: ANC)

Terakhir, Luhfi juga menyampaikan terimakasih kepada UMM yang sudah memberikan bantuan berupa material.

“Kami sampaikan banyak terimakasih kepada para donatur UMM yang telah membantu di wilayah kami. Alhamdulillah yang tercover di wilayah kami oleh UMM adalah fasilitas umum untuk cuci dan minum warga RT 17 dan warga sekitar dan juga warga RT 7 yang memakai sumber air ini,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *