Beri Kuliah Tamu di UB, Moeldoko Dorong Industri Mobil Listrik

  • Whatsapp
Beri Kuliah Tamu di UB, Moeldoko Dorong Industri Mobil Listrik
(Moeldoko memberikan kuliah tamu di UB, Jumat (12/11). Credit: ANC)

Rolasnews.com – Mengusung tema “Industri Mobil Listrik Indonesia: Lompatan Menuju Indonesia Maju” Universitas Brawijaya (UB) kembali menggelar kuliah tamu yang menghadirkan Kepala Staf Kepresidenan RI, Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko.

Dalam pemaparnnya, Moeldoko meyakinkan masyarakat akan pentingnya mensukseskan program nasional guna menuju Indonesia Maju. Termasuk menggalakan riset untuk menyokong industri mobil listrik.

Read More

Menurutnya, ada beberapa hal yang melatarbelakangi urgensi dari mobil listrik, yang salah satunya dilihat dari sisi lingkungan.

“Saat ini pemerintah telah memilki komitmen yang kuat untuk menekan gas emisi karbondioksida. Harapannya dengan mobil listrik ini nanti akan semakin baik kondisi lingkungan kita,” ucapnya saat memberikan kuliah tamu di gedung Widyaloka UB, Jumat (12/11).

Selanjutnya adalah untuk meningkatkan kapasitas nasional dimana mobil listrik adalah sebuah momentum untuk melakukan lompatan. Ini sudah saatnya Indonesia untuk memiliki mobil listrik merk Indonesia.

“Karena kalau kita main di mobil konvensional sudah tidak bisa mengejar lagi. Maka dengan momentum mobil listrik ini sudah saatnya kita memiliki merek nasional dan bisa merebut pasar,” tuturnya.

Baca Juga :

i-Car, Kado Spesial ITS untuk Indonesia

Moeldoko juga meminta agar mahasiswa UB yang punya talenta dan bakat di mobil listrik, bisa datang ke pabrik mobil listrik miliknya karena disana mereka bisa langsung praktek. Dari praktek itu mereka nantinya akan terinspirasi dan itu bisa menjadi tantangan.

“Nanti saya akan undang mahasiswa UB ini untuk hadir di Kudus tempat pabrik mobil listrik. Disana mereka akan tahu bagaimana sebuah industri berproses dan bagaimana mobil itu di enginering agar bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Moeldoko mendapat cinderamata dari UB
(Moeldoko mendapatkan cinderamata dari UB. Credit: ANC)

Sementara itu Rektor UB, Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS, menyambut baik peluang yang diberikan kepada mahasiswanya untuk bisa langsung belajari di pabrik mobil listrik.

“Nanti pak dekan teknik yang akan menindak lanjuti tawaran dari Pak Jenderal. Apalgi setiap tahun UB selalu mengikuti lomba mobil listrik dan kerap memenangi lomba tersebut,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *