Dies Natalis ke 67, Rektor UM Tekankan Pentingnya Inovasi

  • Whatsapp
Dies Natalis ke 67, Rektor UM Tekankan Pentingnya Inovasi
(Rektor UM saat memberikan sambutan di perayaan Dies Natalis ke 67. Credit: UM Channel/Youtube)

Rolasnews.com – Mengangkat tema ‘Inovasi Bernas’, Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar perayaan Dies Natalis ke 67 secara daring live Youtube UM Channel.

Sebelumnya, berbagai rangkaian kegiatan Dies Natalis telah diselenggarakan sejak bulan Juni yang lalu.

Read More

Dijelaskan Rektor UM, Prof Dr AH Rofi’uddin MPd, tema tersebut sengaja diangkat karena mengusung spirit berprestasi setinggi-tingginya dengan tetap menjaga marwah utama UM sebagai soko guru di bidang kependidikan melalui beragam prestasi.

“Karena itu tidak ada alasan bagi seluruh civitas UM untuk menolak inovasi,” ucapnya, Senin (18/10).

Menurutnya, dalam “Excellece in Learning Innovation”, inovasi menjadi kunci yang mencirikan UM yang terus berjuang meraih prestasi hingga puncak tertinggi.

Sekalipun revolusi industri 5.0 peluang kolaborasi antara manusia dan robot, tapi sepakat atau tidak, sumberdaya manusia tetap menjadi subjek pertama. Sedangkan Inovasi tetap merupakan opsi wajib untuk bekal hidup siapapu dan di bidang apapun.

“Meminjam istilah dari Steve Jobs, Innovation is the only key to win. Inovasi adalah satu-satunya kunci untuk menang,” tuturnya.

Baca Juga :

Launching Dies Natalis ke 67, Ini Harapan Rektor UM

Sementara itu, ketua panitia Dies Natalis, Yuni Rahmawati menyebutkan, launching dies natalis dilaksanakan pada bulan Juni.

Kemudian dilanjutkan acara road to dies, yang di dalamnya banyak sekali kegiatan-kegiatan menjelang acara puncak pada 18 Oktober. Diantaranya, seminar nasional dan internasional, talk show, dan berbagai macam diskusi yang berkenaan dengan akademik. Selanjutnya lomba akademik, seperti lomba infografis, profil unit, serta ada pula lomba seni.

“Kemudian ada lomba olahraga, untuk 5 cabang olahraga. Pesertanya masih dalam lingkup UM (dosen, tendik, dan mahasiswa khususnya mahasiswa baru), belum melibatkan peserta dari luar UM,” urainya.

Yuni Rahmawati
(Ketua panitia Dies Natalis UM ke 67, Yuni Rahmawati. Credit: ANC/Rolasnews)

Berikutnya ada acara pagelaran pada tanggal 16 Oktober 2021 yang sifatnya lebih ke selebration. Berselang dua hari, tepatnya Senin 18 Oktober 2021, ada acara seremonial yang sifatnya formal. Diantaranya paparan akademik rektor selama 1 tahun, orasi ilmiah dan beberapa launching edu expo.

“Semua rangkaian kegiatan kita laksanakan dengan menerapkan prokes serta sudah dikonsultasikan kepada gugus tugas covid UM malang,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *