ITN Malang Lahirkan Wisudawan Terbaik Untuk Bangsa

  • Whatsapp
ITN Malang Lahirkan Wisudawan Terbaik Untuk Bangsa
(Perwakilan wisudawan terbaik ITN Malang. Credit; ANC/Rolasnews)

Rolasnews.com – Sebanyak 571 wisudawan dari jenjang D-3, S-1, dan S-2 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, hari ini, Sabtu (2/10) akan mengikuti prosesi wisuda ke-66 periode II tahun 2021. Dari jumlah tersebut tersaring 8 wisudawan terbaik dari masing-masing jenjang berdasarkan IPK yang mereka peroleh.

Salah satunya adalah Dyah Ayu Girindraswari dari Program Studi Teknik Elektro S1, Fakultas Teknik Industri (FTI), yang berhasil memperoleh nilai IPK 3.85 dengan lama studi 4 tahun. Dalam skripsinya Dyah mengangkat judul “Sistem Klasifikasi Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan Metode Fuzzy dan Persentase Kadar Lemak untuk Informasi Konsumsi Kalori Berbasis Database”.

Read More

Dijelaskan Dyah, sistem klasifikasi IMT dengan metode fuzzy merupakan sistem yang digunakan untuk meminimalisir terjadinya penyakit kronis, seperti obesitas, serangan jantung, dan lainnya.

Untuk menentukan IMT, digunakan data berat badan dari sensor load cell serta tinggi badan dari sensor ultrasonic HCSR-04. Sedangkan pada persentase kadar lemak dan kebutuhan diperlukan data tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, usia serta faktor aktivitas yang dimasukkan melalui keypad.

“Seluruh komponen tersebut diintegrasikan dengan Arduino Mega 2560,” jelasnya, Kamis (30/9).

Data pada Arduino Mega 2560 kemudian dikirimkan menuju LCD 20X4 sebagai tampilan serta NODEMCU V3 ESP266 untuk dikirimkan menuju website HTML sebagai penyimpan data sekaligus tampilan data.

“Dengan dikirimkannya data tersebut pada website, maka kita akan tahu jumlah konsumsi perhari dan keterangan Indeks Massa Tubuh, presentase kadar lemak, dan makanan yang dikonsumsi itu apa saja,” sebutnya.

Berdasarkan hasil pengujian, ia menambahkan, diperoleh nilai error pada masing-masing sensor dan metode fuzzy serta persentase kadar lemak yang kurang dari 5 persen.

Sementara itu, Rektor ITN Malang Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE berharap para calon wisudawan dapat menggunakan kompetensi yang dimiliki untuk kemudian diimplementasikan langsung di masyarakat.

Menurutnya, lulusan perguruan tinggi yang terbiasa dengan teoritis, kegiatan laboratorium, ketika terjun di masyarakat terkadang grogi, dan model komunikasinya tidak terlalu baik.

“Karenanya kami selalu memberi pembekalan agar ketika mereka nantinya terjun ke masyarakat sudah punya modal informasi. Model komunikasi juga harus baik ke masyarakat,” ujarnya.

Dyah Ayu Girindraswari
(Dyah Ayu Girindraswari, salah satu wisudawan terbaik ITN Malang dari Program Studi Teknik Elektro S1, Fakultas Teknik Industri (FTI). Credit: ANC/Rolasnews)

Baca Juga :

Siap Ikuti Wisuda Daring, Wisudawan Terbaik ITN Malang Sumbang Pemikiran Kreatif

Berikut daftar delapan wisudawan terbaik ITN Malang:

1. Dyah Ayu Girindraswari lulus dengan IPK 3.85 dan masa studi empat tahun.

Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Industri S-1 ini mengambil skripsi berjudul “Sistem Klasifikasi Indeks Massa Tubuh dengan Metode Fuzzy dan Persentase Kadar Lemak untuk Informasi Konsumsi Kalori Berbasis Database”.

2. Jim Mualimin lulus dengan IPK 3.70 dan masa studi empat tahun.

Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik S-1 ini mengambil judul skripsi “Pra Rencana Pabrik Aluminium Sulfat dari Bauksit dengan Proses Dorr”.

3. Muh. Fitra Rizki lulus dengan IPK 3.77 dan masa studi empat tahun.

Mahasiswa Teknik Informatika S-1 ini mengangkat judul skripsi “Analisis Sentiment Cyberbullying pada Sosial Media Twitter Menggunakan Metode Support Vector Machine”.

4. Jesika Nur Sudinda lulus dengan IPK 3.82 dan masa studi empat tahun.

Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Industri S-1 ini mengangkat judul skripsi “Usulan Perbaikan Kualitas Produk Kaos Sablon dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) di Home Industry 35 Screen Printing Turen, Malang”.

5. Jimmy Indrianto lulus dengan IPK 3.74 dan masa studi tiga tahun.

Mahasiswa Teknik listrik D-3 ini mengambil skripsi berjudul “Perencanaan Generator Magnet Permanen pada Pembangkit Listrik Pikohidro di Lokasi Edu Wisata Tirta Rona Kota Malang”.

6. I Komang Azi Sunarya Guritna lulus dengan IPK 3.72 dengan masa studi empat tahun.

Mahasiswa Teknik Sipil S-1 ini mengambil skripsi berjudul “Studi Alternatif Perencanaan Struktur Atas Jembatan Tipe Pelengkung dengan Box Baja Menggunakan Metode Dfbk pada Jembatan Blahkiuh-Ayunan Kabupaten Badung, Bali”.

7. Fariz Hidayat lulus dengan IPK 3.84 dengan masa studi empat tahun.

Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ini mengangkat judul skripsi “Perancangan Pasar Kebon Aroek Ampenan di Kota Mataram”

8. Arafah Diniari lulus dengan IPK sempurna 4.0.

Mahasiswa teknik sipil/manajemen konstruksi S2 ini mengambil tesis terkait “Analisis Kriteria Bangunan Hijau Berdasarkan Greenship Home V.1.0 pada Perumahan di Kota Malang”. (ANC)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *