Manfaatkan Porang, Mahasiswa UB Produksi Biskuit untuk Ibu Hamil

Manfaatkan Porang, Mahasiswa UB Produksi Biskuit untuk Ibu Hamil
(Amora Pregnancy Biscuit. Credit: Ist)

Rolasnews.com – Sebagai salah satu komoditas pertanian, Porang mengandung tinggi kadar glukomanan yang bermanfaat untuk mengurangi stres, memberikam rasa kenyang dan memperlambat pengosongan perut. Karenanya tanaman dengan nama latin Amorphophallus muelleri ini cocok dijadikan sebagai produk pangan sehat.

Melihat manfaat tersebut, lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yakni M Ahmad Talkhis, Nabilla Alya Anastasya, Farida Lutfiya Azizah, Fatih Meru Samudera dan Vio Awan Nur Hidayat di bawah bimbingan Dr. Lilik Wahyuni, M.Pd membuat biskuit untuk ibu hamil yang diberi nama Amora Pregnancy berbahan dasar Porang.

Read More
Link Banner
Mahasiswa UB pencipta Amora Pregnancy Biscuit
(Tim Amora UB yang membuat inovasi Porang sebagai produk makanan sehat untuk ibu hamil. Credit: Ist)

Salah satu anggota tim, Ahmad Talkhis menjelaskan, Amora Pregnancy merupakan produk olahan porang berbentuk makanan berupa biskuit sebagai makanan pendamping ibu hamil.

Menurutnya, kandungan senyawa polisakarida pada Amora Pregnancy Biscuit digunakan sebagai sumber energi jangka menengah dan panjang yang dapat membantu ibu hamil agar kenyang lebih lama dan menekan asam lambung yang dapat mengurangi mual dan muntah sehingga tidak terjadi hiperemesis gravidarum.

“Dengan mengkonsumsi Amora Pregnancy Biscuit, ibu hamil bisa terhindar dari dehidrasi yang membahayakan ibu dan janin,” sebutnya.

Baca Juga :

Presiden Sebut Potensi Tanaman Porang Sebagai Makanan Sehat Masa Depan

Saat ini Amora Pregnancy Biscuit telah dipasarkan dengan harga Rp 20.000. Pemasaran dilakukan secara online melalui platform Instagram @Amora_biscuit dan shopee Amorapregnancy_indonesia.

Selain itu, hadirnya produk Amora Pregnancy diharapkan dapat menjadi pencerah bagi petani karena permintaan bahan dasar porang bisa semakin meningkat sehingga mampu meningkatkan perekonomian petani.

Lebih lanjut disebutkan Talkhis, Amora Pregnancy Biskuit sebagai salah satu inovasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) telah mendapatkan medali perak diajang internasional Korean International Women’s Invention Exposition (KIWIE) 2021.

Pencapaian ini diharapkan mampu membawa Amora Pregnancy Biscuit tak hanya dikenal di Indonesia namun juga dikenal di kancah internasional dan diundang untuk mengikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 34 tahun 2021. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *