Dukung Pembelajaran MBKM, Unitri Luncurkan PERMATA Agribhuwana

  • Whatsapp
Dukung Pembelajaran MBKM, Unitri Luncurkan PERMATA Agribhuwana
(Penandatangan kerjasama Fakultas Pertanian UNITRI dengan 4 perguruan tinggi di Malang. Credit: Ist)

Rolasnews.com – Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang meluncurkan salah satu model pembelajaran program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk Pertukaran Mahasiswa melalui platform website bernama PERMATA Agribhuwana.

Peluncuran ini dilakukan secara daring dan luring bersamaan dengan penandatanganan kerjasama antara Fakultas Pertanian UNITRI dengan 4 Perguruan Tinggi mitra yakni Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang, Fakultas Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang, Fakultas Pertanian Universitas Widyagama Malang, dan Fakultas Pertanian Universitas Wisnuwardhana Malang.

Read More

Dekan Fakultas Pertanian UNITRI, Dr. Amir Hamzah, MP. menjelaskan, Permata Agribhuwana merupakan salah satu model pembelajaran Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk pertukaran mahasiswa.

“Nama PERMATA Agribhuwana sengaja dipilih sesuai dengan filosofinya yakni ‘Permata’ yang berarti Pertukaran Mahasiswa Tanah air dan ‘Agribhuwana’ yang berarti pertanian dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi,” jelasnya, Kamis (19/8).

Menurutnya, melalui platform yang dapat diakses di https://permata.agribhuwana.unitri.ac.id/, program ini menawarkan bentuk kegiatan dari model pertukaran mahasiswa yang mengakomodasi kegiatan seperti  pertukaran mahasiswa antar program studi di Unitri, pertukaran mahasiswa di program studi yang sama pada Universitas/Perguruan Tinggi yang berbeda, dan pertukaran mahasiswa antar Program Studi pada Universitas yang berbeda.

“Karenanya, hari ini kami juga melangsungkan agenda penandatangan kerjasama yang sebelumnya telah dibicarakan dan disepakati dengan beberapa dekan dari Perguruan Tinggi Mitra,” tuturnya.

Dekan FT UNITRI memberikan sambutan
(Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Pertanian UNITRI, Dr. Amir Hamzah, MP mengatakan PERMATA Agribhuwana merupakan model pembelajaran MBKM dalam bentuk pertukaran mahasiswa. Credit: Ist)

Baca Juga :

Program Permata Merdeka Beri Kesempatan Mahasiswa UB Kuliah di Kampus Lain

Selain itu menurutnya, hal ini juga berkaitan dengan output dari kegiatan hibah dari tiga Program Studi di Fakultas Pertanian UNITRI yakni program studi Teknologi Industri Pertanian, program studi Peternakan dan program studi Agribisnis.

Hasil dari hibah tersebut yakni berupa Forum Group Discussion (FGD) yang nantinya tidak hanya berhubungan dengan eksternal Universitas tetapi juga melibatkan internal Universitas.

“Sebetulnya ini adalah output dari tiga prodi yang mendapatkan hibah yakni program studi TIP, program studi Peternakan, dan program studi Agribisnis,” sebutnya.

Direncanakan, PERMATA Agribhuwana sudah dapat berlangsung di Semester Ganjil Periode 2021/2022 dan telah dapat memfasilitasi kebutuhan pertukaran mahasiswa dalam pembelajaran MBKM tidak hanya di UNITRI tetapi juga di antar Perguruan Tinggi mitra, tandasnya. (ANC)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *