Lulus Seleksi, 4 Mahasiswa STIE Malangkucecwara Jalani Kuliah di Kanda University Jepang

Lulus Seleksi, Empat Mahasiswa STIE Malangkucecwara Jalani Kuliah di Kanda University Jepang
(Mahasiswa STIE Malangkucecwara yg mendapatkan kesempatan belajar di Kanda University Jepang. Credit: Ist)

Rolasnews.com – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara Kota Malang, kembali berhasil meloloskan mahasiswanya untuk mengikuti perkuliahan di luar negeri. Sebanyak empat orang mahasiswa dari program studi Manajemen dan Akuntansi dijadwalkan akan mengikuti perkuliahan di Kanda University, Jepang, selama satu semester.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Moh Nur Rofiq Permana, Okkitasha Hidayat, Ananda Mayangsari dan Aisyah Novitasari.

Read More

Dijelaskan Kepala Urusan Internasional STIE Malangkucecwara, Dwinita Ariyani MM PhD, di kampus yang sama pada musim sebelumnya, STIE Malangkucecwara juga telah mengirimkan satu mahasiswa untuk mengikuti program online spring Japanese Language di Kanda University, Jepang, selama satu semester, atas nama Fitriana Pangestuti.

“Setelah diseleksi dan dinyatakan lolos,  Alhamdulillah kami bisa mengirimkan empat orang mahasiswa untuk mengikuti program online fall Japanese Languange Course di Kanda University, meskipun secara online karena masih dalam kondisi pandemi,” jelasnya, Selasa (10/8).

Disampaikan Dwinita, sebenarnya ada 15 mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti program ini. Namun setelah diseleksi melalui tes tulis dan wawancara, ternyata hanya empat orang yang dinyatakan lolos untuk mengikuti program online fall Japanese Languange Course.

Selama kuliah di Kanda University, nantinya mereka akan mempelajari sekaligus memperdalam terkait bahasa dan budaya Jepang serta bisnis. Perkuliahan mereka baru akan dimulai pada bulan September 2021 yang akan datang.

“Nanti mata kuliah yang mereka ambil Kanda University bisa dikonversi ke mata kuliah yang ada di STIE Malangkucecwara sehingga bisa sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” terangnya.

Agar peluang lolos seleksi semakin besar, dari pihak STIE Malangkucecwara sendiri juga telah memberikan pelatihan sekaligus pendampingan khusus kepada anak-anak yang mengikuti program tersebut. Dengan demikian, sebelum mahasiswa menghadapi tes seleksi dari Kanda, mereka diberikan pelatihan tes tulis dan wawancara dulu supaya mereka sudah terbiasa pada saat mengikuti tes.

“Karena ini merupakan sebuah kesempatan emas. Jadi setiap mahasiswa kita berikan pembekalan dengan sebaik-baiknya agar mereka bisa lolos seleksi,” tuturnya.

Mahasiswa STIE Malangkucecwara akan belajar bisnis, budaya dan bahasa Jepang di Kanda University
(Selain bisnis, para mahasiswa STIE Malangkucecwara yang menjalani kuliah di Kanda University Jepang juga akan mempelajari budaya dan bahasa setempat. Credit: Ist)

Menurutnya, dengan lolosnya empat orang mahasiswa ini menunjukkan bahwa mahasiswa STIE Malangkucecwara memiliki peluang yang besar dan berkesempatan untuk belajar dengan negara lain.

“Prestasi ini juga sebagai salah satu penilaian kinerja kampus,” sebutnya.

Baca Juga :

ITS Siap Perkuat dan Perluas Kerjasama dengan Jepang

Sementara itu, salah satu mahasiswa, Moh Nur Rofiq, mengaku senang akhirnya mampu lolos seleksi online fall Japanese Languange Course di Kanda University. Sebab, tercatat sudah ke empat kalinya ini Nur Rofiq mencoba mengikuti seleksi program ini tapi selalu gagal.

“Alhamdulillah pada kesempatan kali ini bisa lolos. Saya sudah memilih enam mata kuliah, yaitu Interaction with Japanese, Pronunciation, Self Direction Learning, Reading and Listening, Introduction to Japanese Society dan Culture Young Japanese People,” ujarnya.

“Nanti selama menjalani perkuliahan, bahasa  yang digunakan full bahasa Jepang, tidak pakai bahasa Inggris lagi,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *