20 Prodi Terakreditasi Internasional, Polinema Songsong PTNBH

  • Whatsapp
20 Prodi Terakreditasi Internasional, Polinema Songsong PTNBH
(Direktur Polinema menyerahkan duplikat sertifikat akreditasi. Foto : ANC/Rolasnews)
Rolasnews.com – Politeknik Negeri Malang (Polinema) kembali mencatatkan prestasi yang membanggakan. 20 Program Studinya berhasil mendapatkan akreditasi internasional dari Accreditation Service For Internasional Colleges (ASIC). Dengan 20 prodinya terakreditasi internasional, Polinema kini menyongsong status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau PTNBH.

Diakui Direktur Polinema, Drs Awan Setiawan, MMT, MM, dibutuhkan waktu persiapan yang cukup panjang sampai akhirnya bisa mendapatkan akreditasi tersebut.

“Setidaknya butuh waktu satu tahun untuk menyiapkan berbagai persyaratannya. Dan Alhamdulillah, 20 prodi dari total 29 prodi sekarang telah terakreditasi internasional,” sebutnya usai menghadiri acara bertajuk “Pembinaan Pegawai (Capacity Building) Menuju Polinema Tangguh pada Tatanan Normal Baru dan Unggul,” di Graha Polinema, Selasa (21/7).

Read More

Disampaikan Awan, untuk proses visitasinya sendiri karena masih dalam masa pandemi COVID-19, sehingga dilakukan secara online dan masa berlaku akrediasinya hanya satu tahun. Namun demikian, tim penilai dari Inggri akan kembali melakukan visitasi secara langsung tahun depan untuk kemudian diperpanjang masa akreditasi hingga empat tahun.

Awan mengaku optimis dengan tercapainya 20 prodi terakreditasi internasional tersebut mampu mengantarkan Polinema naik status menjadi PTNBH.

Awan Setiawan, Direktur Polinema
(Direktur Polinema, Awan Setiawan (tengah), menjelaskan tentang akreditasi internasional yang diperoleh 20 prodinya. Foto : ANC/Rolasnews)

“Harapannya, ada pengakuan akreditasi internasional dari Kemendikbud. Sebab syarat utama menjadi PTNBH salah satunya 60 persen prodi terakreditasi A. Kalau 20 prodi dari 29 prodi dapat akreditasi internasional atau setara A, berarti totalnya sudah 60 persen lebih,” ungkapnya.

Lebih lanjut Pembantu Direktur 1 Polinema, Supriatna Adi Suwignyo, ST, MT menyebutkan Polinema telah memiliki banyak modal untuk bisa bersaing dalam persaingan global. Terutama dengan Perguruan Tinggi yang tergabung di ASIC yang berjumlah 300-an PT dari 60 negara.

“Meski Polinema telah memiliki jejaring di tingkat internasional, namun harus lebih diperkuat dengan memperbanyak kerjasama dan MoU, serta kolaborasi dari berbagai bidang. Baik akademisi, publikasi, dan lainnya,” terang Supriatna, sapaan akrabnya.

Gelar ICD, Majestic Convex-Polinema Stimulasi Bangkitkan Perekonomian Malang

Dengan adanya label akreditasi internasional, ia menambahkan, Polinema bisa bekerjasama dengan universitas luar negeri yang juga terakreditasi internasional.

Sementara itu Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) Polinema, Doddy Maulana, SE, MT, MSc, mengatakan ASIC sebagai lembaga akreditasi internasional mempunyai indikator sendiri, termasuk kurikulum, fasilitas, dan pelayanan.

“Alasan kami mengajukan kepada ASIC karena juga mengakreditasi D3 dan D4 pendidikan vokasional seperti Polinema ini,” bebernya. (ANC)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *